Selasa 17 Aug 2021 20:38 WIB

Erick Thohir Bicara Merdeka, Singgung Freeport & Blok Rokan

Erick mengungkap BUMN semua sektor siap mengisi kemerdekaan Indonesia

Red: Dwi Murdaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan pakaian adat Lampung dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).
Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan pakaian adat Lampung dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan seluruh BUMN berkomitmen menggunakan segala daya untuk mengisi kemerdekaan Indonesia. Dalam sebuah postingan di akun instagram resmi miliknya, Erick Thohir menuturkan berbagai komitmen BUMN untuk mengisi kemerdekaan Indonesia.

"Kami, seluruh BUMN, dengan ini berkomitmen menggunakan segala daya serta upaya untuk mengisi sebaik-baiknya kemerdekaan Indonesia," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, Selasa (17/8).

Baca Juga

Dia mengatakan Merdeka adalah menciptakan karya dari SDM terbaik Indonesia. Selain itu juga memastikan kedaulatan berkarya dengan menyediakan ruang kolaborasi bagi talenta terbaik bangsa. 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

 

"Merdeka mengasah potensi kreatif dari semua individu, memastikan kedaulatan peran serta perempuan, anak muda dari seluruh pelosok negeri dalam membangun bangsa dan negara," katanya.

Erick juga menyampaikan soal kemerdekaan di sektor energi. "Merdeka adalah memastikan kedaulatan energi, listrik untuk rakyat, BBM Satu Harga, Freeport dan Blok Rokan yang telah kembali pada pangkuan Ibu Pertiwi," ujar dia.

Tak hanya itu, dia juga menyinggung mengenai kedaulatan ekonomi. "Merdeka mengembangkan usaha rakyat Indonesia, memastikan kedaulatan perekonomian bangsa seperti halnya memajukan UMKM dan usaha perempuan Indonesia bersama program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM serta Kredit Usaha Rakyat dari Himbara," ujarnya.

Menurut Menteri BUMN, Merdeka memajukan teknologi dan digitalisasi, memastikan kedaulatan data melalui melalui ekosistem BUMN holding telekomunikasi dan media demi kelancaran dan keterjagaan aktivitas digital, seperti halnya bagi anak-anak yang sekolah online dan belajar di rumah. Selain itu, akses itu juga menjaga kelancaran para profesional yang bekerja dari rumah atau work from home, hingga para kreator berkarya sampai mendunia.

"Merdeka menjelajah Nusantara, memastikan kedaulatan budaya dan lalu lintas logistik terhubung melalui jalan tol, bandara, pelabuhan, stasiun dan moda transportasi lainnya agar merekatkan kemajemukan bangsa," kata Erick.

Erick lebih lanjut mengatakan bahwa Merdeka menjaga dan melindungi kesehatan warga, memastikan kedaulatan dalam melayani kesehatan untuk rakyat, menyediakan vaksinasi, oksigen, rumah sakit, obat, vitamin, hingga mengantar ke rumah-rumah pasien isolasi mandiri melalui BUMN Holding Farmasi dan Kesehatan.

"Hal-hal yang mengenai kedaulatan lainnya untuk mengisi kemerdekaan Indonesia juga turut diselenggarakan oleh seluruh BUMN yang ada dengan cara seksama dan dalam panduan AKHLAK. Mohon doa serta dukungannya, BUMN untuk Indonesia. Dirgahayu Bangsaku ke-76. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," kata Erick Thohir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement