Rabu 18 Aug 2021 17:21 WIB

Batuan Bumi Abad Ke-19 Jadi Petunjuk Menemukan Air di Mars

Ilmuwan meneliti batuan kuno dan menemukan air mungkin bersembunyi sebagai sedimen.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars
Foto: NASA
Mars

REPUBLIKA.CO.ID, PENNSYLVANIA -- Penellitain terbaru dari Penn State University, Amerika Seritkat menemukan batuan yang ditemukan di Bumi bisa menjadi petunjuk untuk penelitian planet Mars. Batu-batu yang dikumpulkan dari abad ke-19 dapat menjadi petunjuk menemukan air di Mars. 

Dilansir dari Space, Rabu (18/8), hematit adalah salah satu mineral paling melimpah di Bumi. Hal ini dapat ditemukan di banyak batuan beku, metamorf dan sedimen yang berbeda dan karena kandungan besi yang tinggi, muncul warna merah cerah. 

Baca Juga

Namun, ketika Peter J. Heaney dan mahasiswa doktoral Athena Chen menganalisis sampel hematit yang dikumpulkan pada abad ke-19, mereka menemukan rahasia besar di dalamnya.

Awalnya, Chen sedang meneliti untuk mengkristalkan hematit secara artifisial ketika dia menemukan besi atau senyawa. Chen membawa temuannya ke Heaney. Heaney pernah menemukan hal serupa terhadap sampel batuan dari pertengahan tahun 1800-an namun karyanya telah dihentikan.

Penemuan sebelumnya

Ilmuwan abad ke-19, Rudolf Hermann dan August Breithaupt, masing-masing melaporkan penemuan terpisah hematit miskin besi yang mengandung air pada tahun 1840-an.  Hermann menyebut penemuan ini "turgite pada tahun 1844", sementara Breithaupt menyebut mineral tersebut "hyrdohematite pada tahun 1847."  Namun, pada awal 1900-an ahli mineral menggunakan versi primitif dari alat diagnostik modern dan menolak temuan mereka.

Chen dan Heaney mengumpulkan sampel dari studi asli Hermann dan Breithaupts, yang telah disimpan di Smithsonian Institution, bersama dengan lima dari koleksi Frederick Augustus Genth Penn State untuk pemeriksaan ulang. Setelah menguraikan komposisi kimia sampel, menggunakan spektroskopi inframerah, difraksi sinar-X, dan metode lainnya, Chen menemukan bahwa mineral tersebut kekurangan atom besi, tetapi mengandung molekul hidroksil (kombinasi hidrogen dan oksigen), yang diterjemahkan untuk air yang disimpan dalam mineral.

Tapi bagaimana batu membantu menemukan air di Mars?

Kembali pada tahun 2004, pada penjelajah Opportunity NASA menemukan konkresi mineral yang disebut "blueberry."  Batuan bulat ini diidentifikasi oleh alat difraksi sinar-X sebagai hematit.  Apa yang tidak bisa dilakukan penjelajah adalah menguraikan kandungan besi dari hematit untuk menentukan apakah itu hematit anhidrat (yang kekurangan air) atau kemungkinan hidrohematit.

Eksperimen awal Chen adalah untuk mengidentifikasi kondisi alami yang diperlukan oksida besi untuk membentuk hematit.  Dia menemukan bahwa pada suhu lebih rendah dari 300 derajat Fahrenheit (hampir 149 derajat Celcius) dan dalam lingkungan basa berair hidrohematit mengendap menjadi lapisan sedimen. 

"Sebagian besar permukaan Mars tampaknya berasal dari permukaan yang lebih basah dan oksida besi diendapkan dari air itu," kata Heaney dalam sebuah pernyataan.

Heaney juga percaya bentuk "blueberry" juga menawarkan beberapa klarifikasi.  "Di Bumi, struktur bola ini adalah hidrohematit, jadi masuk akal bagi saya untuk berspekulasi bahwa kerikil merah terang di Mars adalah hidrohematit," kata Heaney dalam sebuah pernyataan.

Karya Chen dan Heaney dirinci dalam jurnal Geology. Mereka menyimpulkan hydrohematite adalah umum dalam kejadian oksida besi suhu rendah di Bumi. Kesimpulan itu dapat menginventarisasi sejumlah besar air di lingkungan planet yang tampaknya gersang, seperti permukaan Mars.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement