Pekalongan Selesaikan Tanggul Penahan Rob Rp 200 Juta

Red: Dwi Murdaningsih

Dokumentasi genangan banjir di Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (26/2/2021).
Dokumentasi genangan banjir di Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (26/2/2021). | Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berhasil menyelesaikan proyek pembangunan tanggul penahan banjir dan rob senilai Rp 200 juta. Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Khaerudin mengatakan pekerjaan fisik pembangunan tanggul dengan dana APBD senilai Rp200 juta yang berada di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur telah rampung 100 persen.

"Saat rob, beberapa wilayah Kecamatan Pekalongan Timur kerap dilanda banjir akibat limpasan air Sungai Lodji yang meluap karena posisinya berupa cekungan. Oleh karena saat rob maka air akan menggenangi permukiman warga," katanya, Rabu (18/8).

Menurut dia, sebelumnya tanggul yang berada di wilayah Sampangan, Kecamatan Pekalongan Timur itu sudah dibangun dengan ketinggian sekitar 20 sentimeter. Namun, pemkot menilai tanggul penahan banjir itu perlu ditinggikan lagi agar limpasan air sungai tidak masuk ke permukiman warga.

Saat ini, panjang tanggul yang dibangun adalah 170 meter dengan ketinggian 1,3 meter sampai 1,7 meter. Proses pengerjaan proyek itu mulai 19 Mei 2021 hingga 6 Agustus 2021.

Baca Juga

Khaerudin mengatakan dengan diselesaikannya proyek pembangunan itu, masyarakat perlu menjaga keberadaan tanggul tersebut termasuk tidak membuang sampah sembarangan ke Sungai Lodji. "Berdasar monitoring, sisa sampah yang berada di Sungai Lodji berasal dari permukiman warga di sekitar bantaran sungai itu," katanya.

Ia menambahkan selama warga terbiasa dengan membuang sampah di pinggir sungai, kemudian saat hujan ataupun banjir hanyut terbawa ke aliran sungai tersebut sehingga air melimpas ke permukiman warga.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kompetisi Menuju Pilpres, Menakar Antara Ganjar dan Anies

Total 7.756 Anak di Jateng Kehilangan Orang Tua Akibat Covid

Gubernur Jateng Kutip Pepatah Jawa, Diobong Ora Kobong

Survei Pilpres 2024: Anies Teratas, Ungguli Ganjar & Prabowo

BPJS: 1,2 Juta Warga Jateng Pemilik Komorbid Belum Divaksin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark