Rabu 18 Aug 2021 22:24 WIB

BPS: Perekonomian Papua Kuartal II 2021 Tumbuh 13,14 Persen

Pertumbuhan ini terjadi karena naiknya produksi emas dan tembaga Freeport Indonesia.

Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Foto: pixabay
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua menyatakan perekonomian Pemprov Papua selama kuartal II 2021 tumbuh 13,14 persen dibandingkan triwulan I 2021. Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina di Jayapura, Rabu (18/8), mengatakan pertumbuhan ekonomi Papua didorong peningkatan lapangan usaha di sektor pertambanganpertambangan dan penggalian yang tumbuh hingga 34,44 persen," katanya.

Menurut Adriana, pertumbuhan ini terjadi karena naiknya produksi emas dan tembaga PT Freeport Indonesia pada kuartal II dibandingkan dengan kuartal kedua 2020."Selain pertambangan dan penggalian, terdapat tiga belas lapangan usaha lain yang juga mengalami pertumbuhan positif pada kuartal kedua 2021 ini," ujarnya.

Dia menjelaskan meskipun mengalami pertumbuhan positif (yoy), masih terdapat tiga lapangan usaha yang mengalami kontraksi pertumbuhan."Lapangan usaha yang mengalami kontraksi terdalam pada kuartal kedua 2021 adalah lapangan usaha informasi dan komunikasi yang berkontraksi sebesar minus 5,89 persen," katanya lagi.

Dia menambahkan hal ini dipengaruhi oleh putusnya kabel serat optik milik PT Telkom yang berdampak pada matinya jaringan internet di beberapa kabupaten atau kota di Papua selama sebulan pada triwulan kedua 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement