Kamis 19 Aug 2021 01:00 WIB

Menteri LHK Apresiasi Kontribusi Pemuda dalam Isu Lingkungan

Pemulihan lingkungan menjadi salah satu tantangan yang harus diselesaikan bersama.

Red: Satria K Yudha
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.
Foto: Prayogi/Republika.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengapresiasi generasi muda yang sangat antusias terhadap isu lingkungan. Hal ini tecermin dari tingginya minat para pemuda yang ikut serta dalam Lomba Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021, sekaligus memperingati HUT RI ke-76. 

Siti mengatakan, lomba yang digelar KLHK tersebut mendapat respons positif dari pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Ada begitu banyak peserta yang menyampaikan hasil karyanya untuk dilombakan. "Ini menjadi bukti bahwa kondisi pandemi Covid-19 tidak membatasi kreativitas masyarakat untuk memberikan kontribusi yang baik kepada lingkungan dan alam kita," kata Siti dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (18/8). 

Siti menambahkan, masa pandemi menjadi pembelajaran untuk melahirkan berbagai solusi yang tidak hanya mengatasi penderitaan akibat pandemi, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan bahkan peradaban manusia. Kondisi tersebut juga menjadi tantangan bagi pemuda Indonesia, agar siap menjadi pelopor untuk bermigrasi ke cara-cara baru di era Revolusi Industri 4.0, sehingga bisa bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif, dengan situasi yang ada.

Dia menegaskan, Presiden Joko Widodo telah berulang kali mengajak untuk melakukan adaptasi. Langkah ini harus dilakukan secara nyata pada aspek lingkungan. Perubahan dan penyesuaian dalam penanganan aspek lingkungan di era pandemi, katanya, harus ada referensinya dan harus dilakukan dengan kolaborasi yang erat.

Siti menyatakan terus mendukung penuh upaya pengembangan dari langkah-langkah yang sudah dirintis dengan baik oleh pelajar, mahasiswa dan dunia kampus. Pada tahun ini, KLHK menggelar lomba desain pemulihan lingkungan, lomba video sinematik lingkungan, dan lomba karya tulis populer. 

"Karya-karya yang dikirim memberikan indikasi bahwa tantangan bapak Presiden sudah mulai menemukan jawabannya secara positif dan nyata mendapatkan sambutan dari generasi muda Indonesia. Guna menyongsong langkah-langkah Indonesia dalam menghadapi sejumlah tantangan bidang lingkungan, salah satunya tantangan pemulihan lingkungan," katanya.

Lomba Peringatan Hari Lingkungan Hidup yang telah memasuki tahun kedua, melahirkan beberapa pemenang, seperti dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan sekolah-sekolah lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement