Kamis 19 Aug 2021 17:02 WIB

2 Surat Alquran yang Disunnahkan Dibaca Saat Sholat Jumat 

Rasulullah SAW baca surat Al Ghasiyah dan Al Jumuah untuk sholat Jumat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW baca surat Al Ghasiyah dan Al Jumuah untuk sholat Jumat. Ilustrasi sholat Jumat
Foto: Prayogi/Republika.
Rasulullah SAW baca surat Al Ghasiyah dan Al Jumuah untuk sholat Jumat. Ilustrasi sholat Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, — Allah SWT telah memerintahkan laki-laki yang akil baligh dan mukim untuk melaksanakan sholat Jumat. Sebagaimana firman Nya dalam Alquran Al Jumuah ayat 9,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Baca Juga

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Dalam pelaksanaannya terdapat rukun dan sunnah-sunnah yang dilakukan oleh orang yang melaksanakan sholat Jumat. Salah satu sunnahnya adalah dalam bacaan-bacaan surat Alquran yang dianjurkan Rasulullah.  

Dalam Hadits Muslim di antaranya, disunnahkan membaca surat Al Jumuah pada rakaat pertama dan surat Al Munafiqun di rakaat kedua. 

عَنْ ابْنِ أَبِي رَافِعٍ قَالَ اسْتَخْلَفَ مَرْوَانُ أَبَا هُرَيْرَةَ عَلَى الْمَدِينَةِ وَخَرَجَ إِلَى مَكَّةَ فَصَلَّى لَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ الْجُمُعَةَ فَقَرَأَ بَعْدَ سُورَةِ الْجُمُعَةِ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ إِذَا جَاءَكَ الْمُنَافِقُونَ قَالَ فَأَدْرَكْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ حِينَ انْصَرَفَ فَقُلْتُ لَهُ إِنَّكَ قَرَأْتَ بِسُورَتَيْنِ كَانَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ يَقْرَأُ بِهِمَا بِالْكُوفَةِ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهِمَا يَوْمَ الْجُمُعَةِ

Dari Ibnu Abu Rafi' dia berkata, “Suatu ketika (khalifah) Marwan meminta kepada Abu Hurairah untuk menggantikannya (sebagai pemimpin) di Madinah, sementara Marwan pergi ke Makkah. Maka pada suatu hari Jumat, Abu Hurairah mengimami kami sholat Jumat. 

Dia membaca surat Al Jumuah pada rakaat pertama, dan surat Al Munafiqun pada rakaat kedua. Setelah selesai sholat, kutemui Abu Hurairah dan kukatakan kepadanya, "Kedua surat yang Anda baca tadi, pernah dibaca Ali bin Abi Thalib ketika dia berada di Kufah."  

Abu Hurairah berkata, "Saya telah mendengar Rasulullah SAW membaca kedua surat itu pada hari Jumat." 

Hadits lain menyebutkan bacaan yang disunahkan adalah surat al Ala di rakaat pertama dan Al Ghasyiyah di rakaat kedua.  

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْعِيدَيْنِ وَفِي الْجُمُعَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِي الصَّلَاتَيْنِ

Dari Nu'man bin Basyir RA, dia berkata, "Rasulullah SAW biasa membaca surat Al A'la dan surat Al Ghasyiyah dalam sholat dua hari raya dan sholat Jumat. Bila sholat Id bertepatan dengan hari Jumat, beliau juga membaca kedua surat tersebut dalam kedua sholat itu." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement