Jumat 20 Aug 2021 16:59 WIB

600 Ibu Hamil di Tangerang Jalani Vaksinasi Tahap Pertama

Kabupaten Tangerang menargetkan vaksinasi bagi 10 ribu ibu hamil.

Red: Ani Nursalikah
600 Ibu Hamil di Tangerang Jalani Vaksinasi Tahap Pertama. Sejumlah ibu hamil menjalani tahap observasi usai disuntik vaksin Covid-19. Ilustrasi
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
600 Ibu Hamil di Tangerang Jalani Vaksinasi Tahap Pertama. Sejumlah ibu hamil menjalani tahap observasi usai disuntik vaksin Covid-19. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 600 ibu hamil di Kabupaten Tangerang, Banten  telah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama setelah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengizinkan pemberian vaksin itu pada 2 Agustus 2021.

"Untuk sekarang penerima vaksinasi ibu hamil, khususnya di Kabupaten Tangerang sekitar 600 orang dari target 10 ribu sasaran," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi, Jumat (20/8).

Baca Juga

Menurut dia, pemberian vaksin terhadap ibu hamil sangat penting karena kelompok tersebut memiliki risiko besar terpapar Covid-19. "Pemberian vaksin pada ibu hamil perlu dilakukan untuk menekan angka kematian ibu hamil karena Covid-19," katanya. Ia mengatakan, vaksin yang diberikan merupakan vaksin jenis Sinovac dan Moderna.

Syarat ibu hamil yang bisa divaksinasi minimal usia kandungan 13 pekan ke atas atau trimester kedua. Ia mengatakan ibu hamil yang belum mendaftar untuk divaksinasi bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat atau mendaftar secara daring melalui situs http://covid19.tangerangkab.go.id.

"Persyaratan pendaftaran sama saja seperti vaksin masyarakat umum, nanti bisa daftar melalui daring atau langsung ke puskesmas dan RS terdekat," ucapnya. 

Data dinas kesehatan (dinkes) mencatat, sasaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang saat ini telah mencapai 507.035 orang dari berbagai kelompok, di antaranya kelompok tenaga kesehatan, petugas pelayan publik, lanjut usia (lansia), remaja dan masyarakat umum. Dari seluruh sasaran vaksinasi tersebut, sekitar 530.037 orang atau 104.5 persen yang telah menerima suntikan dosis vaksin Covid-19 tahap pertama, sedangkan untuk tahap kedua sebanyak 238.042 orang atau 46.9 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement