Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rachmaniah Rumai

Mengulas Buku Panduan Keluarga Sakinah

Agama | Monday, 23 Aug 2021, 15:36 WIB

Pernikahan adalah fitrah bagi manusia, tentu saja dalam pernikahannya setiap manusia ingin memiliki keluarga yang harmonis, tentram, damai , dan penuh dengan kenyamanan. Namun pasti ada cara-cara yang harus ditanamkan agar cita-cita ini terwujud. Buku panduan keluarga sakinah merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas.

Dimana pada bab awal buku ini membahas tentang pernikahan adalah fitrah bagi manusia. “Nikah menurut syariat adalah akad pernikahan ketika kata nikah diucapkan secara mutlak maka ia bermakna demikian, selama tidak ada dalil yang memalingkan darinya”. Itulah definisi dari nikah.

Lalu juga membahas tentang tujuan pernikahan dalam islam, yakni diantaranya seperti melaksanakan perintah Allah, meningkatkan ibadah kepada Allah, menundukkan pandangan, memperoleh keturunan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah mendatangkan ketentraman hidup.

Setelah itu tentang tata cara pernikahan dalam islam. Tentang bagaimana seharusnya pernikahan terlaksana secara syari sesuai dengan syariat islam. Dan juga seputar pelanggaran dalm pernikahan yang wajib dihindari. Jadi untuk membentuk keluarga yang sakinah maka kita pun juga harus memperhatikan aspek-aspek dalam menyelenggarakan pernikahan yang harus benar-benar sesuai syariat islam. Agar Allah ridho dengan pernikah ini.

Pada bab selanjutnya membahas tentang rumah tangga yang ideal. Harus saling introspeksi ketika ada perselisihan, pun juga harus mengunci rapat-rapat permasalahn yang ada jangan menceritakan kepada orang lain. Bab ini sangat menyentuh dan harus benar-benar dipahami agar bisa merealisasikannya dalam kehidupan pernikahan. Jadi ketika ada masalah yang sedang datang maka kuncinya bukan saling menyalahkan ataupun bercerita kepada orang lain. Kuncinya adalah saling introspeksi dan tidak menceritakan kepada orang lain.

Untuk mencapai keluarga yang sakinah maka yang tak kalah pentingnya adalah saling memahami hak suami dan hak istri. Dimana dalam buku ini dibahas tentang apa saja hak istri yang harus dipenuhi suami dan hak suami yang harus dipenuhi istri. Dengan adanya saling mengetahui hak yang harus diberikan kepada pasangan kita maka kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi dan saling membahagiakan, kemudian akan tercipta keluarga yang harmonis.

Ada juga tentang nasihat untuk suami istri, nasihat khusus suami bagaimana menjadi suami yang teladan maka dibuku ini pun ada pembahasan ini. Seperti tersenyum, ceria, berkata baik, dan lain sebagainya. Pun juga ada nasihat khusus istri bagaimana menjadi istri idaman untuk suaminya tersebut. Tentang berhias yang tidak boleh keliru adalah sebenar-benarnya berhias istri adalah untuk suami, bukan untuk lelaki diluar sana yang bukan suami kita. Karena yang paling berhak melihat kecantikan kita adalah suami kita. Jadi bila nasihat-nasihat ini saling diterapkan antara suami dan istri. Bukankah rasa saling menyayangi pun akan terus terjaga seiring berjalannya waktu?

Buku ini sangat membahas banyak hal seputar pernikahan, juga membahas tentang hal apa yang harus dilakukan atau diperhatikan ketika si buah hati lahir. Maka dengan mempelajari bab ini kita akan tahu tentang apa saja yang harus kita lakukan ketika anak kita lahir. Tidak hanya saat lahir namun juga kewajiban mendidik anak. Tentang tauhidnya, akhlaknya, bagaimana agar anak ini dapat benar-benar mencintai Allah dan Rosulullah, menjalankan syariat islam dengan sebenar-benarnya, memiliki pribadi yang baik, jujur, saling menyayangi dan menghormati orang lain, ini adalah kewajiban orang tua dalam mendidik anak yang juga dibahas dalam buku ini.

Adapun pembahasan seputar nusyuz dan solusinya, seputar talak, khulu’ dan iddah. Dan bab terakhir pada buku ini adalah tentang kedudukan wanita dalam islam. Betapa islam sangat memuliakan wanita. Menjadi anak-anak, menjadi istri, menjadi ibu, menjadi bibi, saudara perempuan dan lain sebagainya islam sangat memuliakan kedudukan wanita.

Buku ini sangat menambah wawasan kita tentang bagaimana kehidupan setelah menikah, tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dari awal menikah, memiliki anak, dan lain sebagainya. Jadi buku ini sangat bermanfaat untuk yang akan berkeluarga maupun yang sudah berkeluarga. bagaimana berjuang bersama pasangan dalam mempertahankan pernikahan agar selalu harmonis dan merawat benih-benih cinta pada pasangan kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image