Senin 23 Aug 2021 17:03 WIB

HIMATK UBSI Kenalkan Teknologi IoT Demi Efisiensi Kerja

Dalam webinar HIMATK, Teknologi IoT dan Big Data mudahkan pengiriman informasi

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
HIMATK Universitas BSI kampus Tegal mempersembahkan Webinar dengan tema Lets Learn IoT & Big Data, tanggal 27 Agustus 2021 pukul 14.00-16.00 WIB.
Foto: UBSI
HIMATK Universitas BSI kampus Tegal mempersembahkan Webinar dengan tema Lets Learn IoT & Big Data, tanggal 27 Agustus 2021 pukul 14.00-16.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Perkembangan teknologi informasi, mendorong perubahan zaman yang semakin pesat. Pada era revolusi industri 4.0 ini, kita mungkin sering mendengar istilah Internet of Things (IoT) & Big Data. Himpunan Mahasiswa Teknologi Komputer (HIMATK) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal, merasa terpanggil dan berkepentingan untuk menyiapkan mahasiswa dan lulusannya, dalam menghadapi perkembangan teknologi terbarukan ini, khususnya tentang Internet of Things (IoT), & Big Data.

HIMATK Universitas BSI kampus Tegal  mempersembahkan Webinar dengan tema “Let’s Learn IoT & Big Data”, tanggal 27 Agustus 2021 pukul 14.00-16.00 WIB. Pendaftaran webinar ini gratis, dan bisa melalui link bit.ly/Webinar-IoT-BigData.

Webinar ini akan menghadirkan 2 narasumber. Rousyati sebagai Narasumber 1 dan Moh Faezal Mulya Jaya sebagai Narasumber 2 yang akan menjelaskan tentang IoT dan Big Data.

Rousyati menjelaskan bahwa, webinar ini dikemas dan ditujukan untuk semua kalangan, terutama untuk mahasiswa, kita akan lebih mengetahui apa dan bagaimana teknologi IoT & Big Data di era industri 4.0 ini. 

Menurutnya, IoT sendiri dapat diartikan sebagai aktivitas antara manusia dan benda (things), benda dengan benda, seperti sensor, robot, platform, dan cloud, yang terhubung melalui protokol komunikasi standar untuk saling menerima atau mengirimkan informasi, sehingga memungkinkan proses kerja tertentu menjadi lebih efisien.

Potensi IoT di Indonesia sangatlah besar. Namun tentu saja, selain ada peluang, juga ada tantangan yang harus dihadapi. Misalnya masalah pemerataan infrastruktur jaringan dan kondisi geografi.

“Melalui webinar ini, akan dibahas teknologi IoT & Big Data di era industri 4.0 ini, sebagai salah satu upaya kita mengenalkan dan “membumikan” perkembangan teknologi IoT kepada masyarakat secara umum dan kepada mahasiswa kita,” pungkas Rousyati. 

“Ada sejumlah komponen dalam pengembangan IoT yang sangat berpengaruh, pertama adalah manusia. Cepat atau lambatnya perkembangan IoT di Indonesia dipengaruhi oleh kualitas SDM di wilayah tersebut,” imbuhnya. 

Rousyati juga menjelaskan bahwa, webinar ini dikemas dalam bentuk bincang-bincang dengan konsep santai, hingga diharapkan para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memanfaatkan waktu secra optimal. “Webinar ini akan sangat menarik dab disajikan dalam bentuk obrolan santuy di masa pandemi covid-19. Agar kita sebagai Mahasiswa tetap produktif, bisa mengoptimalkan kemampuan, memperluas khasanah ilmu serta wawasan tentang teknologi IoT dan Big Data,” tutup Rousyati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement