Rabu 25 Aug 2021 05:26 WIB

Benfica Imbangi PSV untuk Lolos ke Fase Grup Liga Champions

Benfica unggul agregat 2-1 atas PSV pada dua leg pertandingan play-off Liga Champions

Red: Israr Itah
Liga Champions
Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Benfica lolos ke fase grup Liga Champions setelah menahan imbang tuan rumah PSV Eindhoven dengan skor 0-0 dalam pertandingan leg kedua play-off di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda, Rabu (25/8) dini hari WIB. Padahal, Benfica bermain dengan 10 jam selama sekitar satu jam setelah Lucas Verissimo diusir wasit. Hasil ini memastikan Benfica berlaga di fase grup karena menang 2-1 pada laga pertama di kandang sendiri.

Tuan rumah sebetulnya memperoleh keuntungan besar ketika Lucas Verissimo menerima kartu kuning kedua karena menyikut Cody Gakpo dalam duel perebutan bola udara di tengah lapangan. Namun kiper Benfica, Odisseas Vlachodimos, kemudian memperlihatkan penampilan yang layak diganjar penghargaan pemain terbaik. Tak kurang delapan penyelamatan dibukukannya sepanjang laga.

Baca Juga

Situasi 11 lawan 10 membuat tuan rumah mendominasi laga. PSV nyaris membuka skor tiga menit jelang turun minum, ketika tembakan Noni Madueke dari sisi kanan kotak penalti masih bisa diamankan Vlachodimos.

PSV bermain kian agresif pada babak kedua, tapi Dewi Fortuna tampaknya berpaling dari tim besutan Roger Schmidt tersebut. Sontekan jarak dekat Eran Zahavi menyelesaikan umpan Gakpo masih membentur mistar gawang. Bola muntah berusaha dimanfaatkan oleh Andre Ramalho yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi Vlachodimos kali ini sigap mengamankan gawang Benfica.

Gelombang serangan demi serangan terus dilancarkan PSV, tapi Ibrahim Sangare dan Ramalho secara beruntun mendapati tembakan mereka dimentahkan oleh Vlachodimos.

Sebaliknya, kendati hanya dengan 10 pemain, Benfica berusaha menebarkan ancaman pada menit ke-78 lewat tembakan jarak jauh Everton Soares, yang masih mengarah tepat ke pelukan kiper Joel Drommel.

Lima menit jelang bubaran waktu normal, Vlachodimos melakukan penyelamatan atas dua tembakan beruntun Yorbe Vertessen demi menjaga keunggulan agregat Benfica. Upaya PSV tak kunjung membuahkan hasil hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Benfica kembali ke fase grup Liga Champions setelah semusim absen, sementara PSV harus rela lagi-lagi hanya main di fase grup Liga Europa untuk tiga musim beruntun. Undian grup Liga Champions dijadwalkan berlangsung pada Kamis (26/8) di Istanbul, Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement