Rabu 25 Aug 2021 13:24 WIB

Ini Makna Logo Baru Dewa United Surabaya untuk IBL 2022

Logo ini disiapkan untuk musim baru yang dimulai Januari 2022.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo baru klub basket Tanah Air, Dewa United Surabaya, untuk IBL 2022 mendatang.
Foto: Dok. Media Officer Bali United
Logo baru klub basket Tanah Air, Dewa United Surabaya, untuk IBL 2022 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewa United Surabaya menyambut Indonesian Basketball League (IBL) musim 2022 dengan logo baru yang sarat makna. CEO Dewa United Surabaya Michael Owe dalam keterangan resminya, Rabu (25/8), mengatakan, perubahan logo diharapkan bisa memberikan prestasi gemilang.

Menurutnya, logo tim memiliki peranan penting dalam perjalanan klub. Sehingga Dewa United Surabaya sangat memperhatikan makna dan nilai yang ada pada logo.

Kata 'Dewa' menurut Michael memiliki sebuah entitas yang menguasai unsur-unsur alam dengan bermacam wujud. Namun Dewa tetap memiliki karakter dan emosi serta kecerdasan layaknya manusia. Sedangkan kata 'United' memiliki makna rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga selain menang di kompetisi dan menjadi juara, Dewa United Surabaya juga ingin menang di hati masyarakat, sesuai dengan visi dan misi yang diusung.

"Tulisan Dewa dan tulisan United dengan huruf Kapital atau besar semua memiliki penekanan pada kekuatan dan kebesaran yang berkarakter," katan Michael.

"Dewa United sebuah penamaan yang bertujuan untuk menang pada kompetisi dan menang di hati masyarakat, serta mewujudkan industri olahraga yang baik," pria yang akrab disapa Owe itu menambahkan.

Pada logo juga terdapat dominansi dan penegasan pada konfigurasi huruf 'W'. Michael mengatakan sebenarnya ada beberapa rangkaian huruf 'V' yang memiliki makna Veni Vidi Vici, sebuah jargon Julius Caesar pada zaman Romawi yang berarti 'Saya datang, saya melihat, saya telah menaklukkan'.

"Kenapa huruf 'W' menjadi dominan dan ada penegasan, karena 'W' itu juga memiliki makna lain yaitu 'Win', sehingga jadi motivasi kami main untuk menang dan menjadi pemenang," kata Michael.

"Konfigurasi huruf 'W' seperti mahkota juga jadi makna yang melambangkan kekuasaan, kejayaan, dan kemakmuran di tim ini," ujar Michael menambahlan.

Adapun goresan pada bola basket di latar tulisan 'United' menjadi makna bidang olahraga yang digeluti. Logo baru itu pun dihiasi kata 'Surabaya' yang menegaskan lokasi homebase tim asuhan pelatih Andika Saputra tersebut.

Bingkai segilima serupa Perisai dengan tiga sudut penambahan, sebagai falsafah Pancasila dalam bernegara, yang dapat dianalogikan sebagai simbol yang melambangkan perjuangan, kegigihan, dan percaya diri. Filosofi pemilihan warna dalam logo baru Dewa United Surabaya pun terkandung makna. Kombinasi warna hitam, emas, dan putih memiliki makna masing-masing.

Warna hitam menggambarkan kekuatan, tegas dan tidak untuk dipermainkan, dengan perpaduan warna emas yang bermakna warna juara, warna seorang pemenang, serta memberikan kesan kemewahan dan ekslusif.Sedangkan warna putih menggambarkan sebuah kesederhanaan dan modern.

"Logo dan penulisan Dewa United sangat berkarakter kuat, tegas, mewah dan sederhana. Efek pancaran cahaya itu pun bermakna agar terus menyinari dengan penuh percaya diri, menggapai kemakmuran dengan kegigihan dalam mencapai tujuan," kata Michael.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement