Rabu 25 Aug 2021 23:28 WIB

UNS akan Dirikan Pusat Unggulan Iptek Kebencanaan

Pendirian PUI Kebencanaan merupakan perhatian UNS atas rentannya wilayah Indonesia

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mahasiswa di pintu gerbang Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Solo, Jawa Tengah.
Foto: Dok UNS
Mahasiswa di pintu gerbang Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan mendirikan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kebencanaan. Rencana ini diutarakan oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Bakorlak Tanggap Bencana SAR UNS secara daring, akhir pekan lalu.

Jamal mengatakan rencana pendirian PUI Kebencanaan merupakan perhatian UNS atas rentannya wilayah Indonesia terhadap bencana. "Di mana ada bencana di wilayah Indonesia, kita melihat sangat serius mengembangkan unit inisiasi pendirian yang dinamakan sebagai PUI Kebencanaan dengan melakukan perencanaan," kata Rektor seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (25/8).

Perencanaan yang dimaksud salah satunya dimulai dengan memugar Markas Bakorlak Tanggap Bencana SAR UNS yang berada di Jalan Kolonel Sutarto, Jebres, Solo. Sembari menunggu bangunan selesai dipugar, Bakorlak Tanggap Bencana SAR UNS untuk sementara waktu akan bermarkas di Gedung D Asrama Mahasiswa UNS yang terletak di Ngoresan, Kecamatan Jebres.

"Kami membangun gedung Bakorlak Tanggap Bencana SAR UNS. Saat ini kami berharap bahwa PUI Kebencanaan ini akan bisa melengkapi atau bisa menambah tiga PUI yang sudah ada selama ini," jelas Jamal.

Sebelum merencanakan pendirian PUI Kebencanaan, UNS sudah lebih dulu memiliki tiga PUI yakni, PUI Baterai Lithium, PUI Javanologi UNS, dan PUI Center for Fintech and Banking UNS (UNS Fintech Center).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement