Senin 30 Aug 2021 15:56 WIB

Venice Film Festival Hadirkan Dua Sineas Afghanistan

Venice Film Festival bahas perfilman Afghanistan setelah Taliban berkuasa.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Industri perfilman (ilustrasi). Dua sineas Afghanistan akan hadir di Festival Film Venesia.
Foto: www.freepik.com
Industri perfilman (ilustrasi). Dua sineas Afghanistan akan hadir di Festival Film Venesia.

REPUBLIKA.CO.ID, VENESIA -- Venice International Film Festival menggelar diskusi panel khusus untuk membahas tentang konflik yang berkecamuk di Afghanistan. Dua sosok sineas Afghanistan diundang untuk menjadi pembicara.

Mereka adalah sutradara Sahraa Karimi dan Sahra Mani. Lewat situs resmi festival, penyelenggara menginformasikan diskusi panel bakal berlangsung 4 September 2021 pukul 15.00 di Palazzo del Casino, Lido, Venesia.

Baca Juga

Kedua sineas Afghanistan itu akan membahas kondisi perfilman di negaranya setelah Taliban mengambil alih kekuasaan. Mereka juga akan diminta mengulas tentang situasi yang dihadapi para pembuat film dan pemeran.

Diskusi pun menyoroti perlunya koridor kemanusiaan dan jaminan pemberian status pengungsi politik. Selain itu, kepedulian terhadap masa depan mereka serta bantuan untuk menyediakan kebutuhan hidup mereka.

Sahraa Karimi adalah presiden perempuan pertama Afghan Film Organization. Sebelum ini, dia menulis surat terbuka yang menyeru komunitas film dunia untuk menyuarakan aspirasi rakyat Afghanistan.

Film drama besutan Karimi, Hava, Maryam, Ayesha pernah ditayangkan di program "Horizons (Orizzonti)" Venice Film Festival 2019. Orizzonti adalah bagian dari seleksi resmi festival film tersebut.

Baca juga : Taliban Ancam Hancurkan Sistem Pendidikan Afghanistan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement