Selasa 31 Aug 2021 04:34 WIB

Banyak Konsumen 'Naik Kelas' Pilih SUV, Ini Alasannya

Pasar SUV sebagai salah satu segmen yang saat ini sedang naik daun.

Red: Hiru Muhammad
Merujuk data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di kuarter 1 2021, mobil jenis SUV menggeser pasar MPV lebih dari 25,86 persen dari market share Indonesia SUV 7 penumpang yang menjadi pilihan keluarga Indonesia.
Foto: istimewa
Merujuk data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di kuarter 1 2021, mobil jenis SUV menggeser pasar MPV lebih dari 25,86 persen dari market share Indonesia SUV 7 penumpang yang menjadi pilihan keluarga Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sudah menjadi cerita umum, jika mayoritas keluarga Indonesia sangat gandrung pilihan mobil dengan kapasitas daya angkut besar bagi penumpang maupun barang bawaan. Jika sebelumnya kapasitas 7 penumpang hanya dijumpai pada  varian Multi-Purpose Vehicles (MPV), maka dalam beberapa tahun terakhir tren kepemilikan mobil mulai beralih ke Sport Utility Vehicles (SUV) 7 penumpang. 

Merujuk data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di kuarter 1 2021, mobil jenis SUV menggeser pasar MPV lebih dari 25,86 persen dari market share Indonesia. Selain diyakini memiliki performa yang lebih tangguh dikarenakan memang dirancang untuk dapat melibas beragam tipe jalan, saat ini produsen mobil terus berlomba menjadikan SUV sebagai kendaraan berkapasitas 7 orang penumpang, namun dengan kenyamanan sedan.

Menyuguhkan kabin luas dengan posisi duduk 3 baris yang memberikan lipatan kursi yang optimal, jadi satu pertimbangan kenapa keluarga Indonesia memilih beralih ke SUV. Porsi lipatan kursi rata, memberikan kenyamanan lebih ketika penumpangnya membutuhkan untuk membawa barang ekstra banyak."Kami melihat pasar SUV sebagai salah satu segmen yang saat ini sedang naik daun. Salah satu produk lansiran DFSK Glory 560 juga memberikan kapasitas tampung yang lebih luas, dengan leg room serta head room yang nyaman sekalipun pria dewasa duduk dibaris ketiga," ujar PR and Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi dalam keterangan tertulisnya Senin (30/8).

Karakter orang Indonesia yang kerap bepergian bersama keluarga dan membawa beragam barang bawaan menjadi pertimbangan SUV menjadi laris dipasaran. Terlebih rancang  bangun kendaraan SUV yang memiliki ground clearance yang tinggi, sistem suspensi yang dirancang bagi kendaraan penumpang, serta fasilitas premium yang disematkan pabrikan dalam produk SUV terbaru mereka, membuat SUV menjadi pilihan menarik bagi konsumen di Tanah Air. Khususnya bagi mereka yang ingin naik kelas atau mencoba kenyamanan SUV.

Seperti pada tampilan eksterior DFSK Glory 560 yang dilengkapi roof rail yang membentang dari depan ke belakang yang menggambarkan kemampuannya berpetualang bersama keluarga melayani rute berbagai medan jalan. Bagi ke-7 penumpang pada SUV ini disematkan berbagai perangkat canggih audio video berupa Smart Screen AV System 8 inci yang dilengkapi Bluetooth, pemutar musik, gambar, video bahkan GPS. Konfigurasi tempat duduk yang dengan leluasa dapat disesuaikan dengan kebutuhan, membantu kemudahan membawa beragam barang kebutuhan keluarga."Harga yang terjangkau, fitur melimpah menjadi nilai tambah bagi keluarga," kata Rofiqi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement