Kamis 02 Sep 2021 07:02 WIB

AP II: Pengisian eHAC Penumpang Pesawat Lewat PeduliLindungi

Penumpang diminta menghapus aplikasi e-HAC yang lama.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Warga memindai QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi. PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) meminta penumpang pesawat yang berada di bandara yang dikelolanya dapat memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Warga memindai QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi. PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) meminta penumpang pesawat yang berada di bandara yang dikelolanya dapat memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) meminta penumpang pesawat yang berada di bandara yang dikelolanya dapat memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi. Khususnya dalam proses pengisian e-HAC sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. 

“Kementerian Kesehatan menginformasikan, aplikasi e-HAC yang berdiri sendiri sudah tidak digunakan lagi, diganti dengan fitur e-HAC yang ada di aplikasi PeduliLindungi,” kata VP of Corporate Communication AP II Yado Yarismano dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (2/9). 

Baca Juga

Yado menjelaskan, penumpang pesawat bisa mengisi e-HAC yang ada di PeduliLindungi, kemudian akan dilakukan verifikasi oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan di bandara AP II. Untuk itu, masyarakat diminta mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan memanfaatkan fitur e-HAC yang ada di dalamnya. Selain itu juga menghapus aplikasi e-HAC yang lama. 

“Bandara AP II mendukung penuh PeduliLindungi, di mana kami telah menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung untuk penggunaan aplikasi tersebut,” tutur Yado.

Yado menambahkan, calon penumpang pesawat yang telah memiliki kartu vaksinasi digital dan hasil tes Covid-19 digital di akun PeduliLindungi dapat langsung menuju konter check-in. Hal tersebut dapat dilakukan saat proses keberangkatan.  

Dia menegaskan, penumpang tidak perlu lagi membawa dokumen kertas karena kartu vaksinasi dan surat hasi tes Covid-19 sudah ada di dalam aplikasi PeduliLindungi. “Kami mengimbau agar calon penumpang pesawat melakukan tes Covid-19 di laboratorium atau fasilitas kesehatan yang terintegrasi dengan aplikasi allrecord-tc-19 (New All Record/NAR) milik Kementerian Kesehatan, supaya hasilnya dapat langsung dikirim ke akun PeduliLindungi,” jelas Yado. 

Saat ini, seluruh bandara AP II beroperasi dengan menerapkan regulasi yang berlaku di antaranya Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 62 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19.

Berdasarkan surat edaran tersebut, setiap pelaku perjalanan orang ATAU penumpang dalam negeri yang menggunakan transportasi udara wajib memenuhi sejumlah ketentuan antara lain mengisi e-HAC Indonesia pada bandara keberangkatan, untuk ditunjukkan pada petugas kesehatan pada bandara tujuan/kedatangan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُ ۗ وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ
(Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!

(QS. Al-Baqarah ayat 197)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement