Kamis 02 Sep 2021 16:12 WIB

Bahaya Mencaci Maki Tuhan yang Disembah Agama Lain 

Islam melarang menggina agama dan tuhan yang diyakini orang lain

Red: Nashih Nashrullah
Islam melarang menggina agama dan tuhan yang diyakini orang lain. Kerukunan Beragama (Ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Islam melarang menggina agama dan tuhan yang diyakini orang lain. Kerukunan Beragama (Ilustrasi)

Oleh : Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Timur, KH Ma'ruf Khozin

REPUBLIKA.CO.ID, — Atas nama Komisi Fatwa MUI Jatim saya ditanya oleh beberapa wartawan (Senin, 24 Agustus) tentang apa yang dilakukan seseorang yang menghina Nabi Muhammad SAW.

Tentu harus diproses sesuai hukum yang berlaku di negara kita. Tidak lama kemudian ada saudara Muslim kita yang ditangkap dengan tuduhan yang sama. 

Baca Juga

Saya meyakini kebenaran Agama yang saya anut. Agama saya melarang menghujat sesembahan atau tuhan agama lain. Membela Agama itu ada ilmunya dan tidak boleh kebablasan. 

Ulama ahli tafsir dari Tunisia yang lahir pada 1296 H atau 1879 M, bernama Syekh Ibnu Asyur, sudah mensinyalir ada diantara Kaum Muslimin yang bermaksud membela Islam tapi kebablasan: 

ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻛﺎﻥ اﻟﻤﺴﻠﻤﻮﻥ ﻟﻐﻴﺮﺗﻬﻢ ﻋﻠﻰ اﻹﺳﻼﻡ ﺭﺑﻤﺎ ﺗﺠﺎﻭﺯﻭا اﻟﺤﺪ ﻓﻔﺮﻃﺖ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﺮﻃﺎﺕ ﺳﺒﻮا ﻓﻴﻬﺎ ﺃﺻﻨﺎﻡ اﻟﻤﺸﺮﻛﻴﻦ.

“Umat Islam -karena semangatnya terhadap Islam, terkadang di antara mereka melewati batas hingga kebablasan, mereka pun mencaci maki tuhan-tuhan orang yang menyembah selain Allah.  

ﺭﻭﻯ اﻟﻄﺒﺮﻱ ﻋﻦ ﻗﺘﺎﺩﺓ ﻗﺎﻝ «ﻛﺎﻥ اﻟﻤﺴﻠﻤﻮﻥ ﻳﺴﺒﻮﻥ ﺃﻭﺛﺎﻥ اﻟﻜﻔﺎﺭ ﻓﻴﺮﺩﻭﻥ ﺫﻟﻚ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻓﻨﻬﺎﻫﻢ اﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﺴﺘﺴﺒﻮا ﻟﺮﺑﻬﻢ»

“Thabari meriwayatkan dari Qatadah bahwa dahulu orang-orang Islam mencaci maki tuhan-tuhan orang kafir, maka mereka membalasnya. Kemudian Allah melarang mencaci maki mereka agar tidak membalas. (At-Tahrir wa Tanwir 3/428) Ayat tersebut adalah:

وَلَا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ ۗ كَذَٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِم مَّرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُم بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik perbuatan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan." (QS Al Anam 108) 

Semoga Allah tetap meneguhkan keimanan dan hidayah untuk kita.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement