Kamis 02 Sep 2021 17:48 WIB

Spotify Indonesia: Podcast Komedi dan Horor Paling Digemari

Pendengar podcast Spotify Indonesia didominasi generasi milenial dan Z.

Red: Reiny Dwinanda
Layanan audio digital Spotify. Pendengar di Indonesia paling suka menyimak konten podcast bertema komedi dan horor.
Foto: EPA
Layanan audio digital Spotify. Pendengar di Indonesia paling suka menyimak konten podcast bertema komedi dan horor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Head of Studios for Southeast Asia Spotify Carl Zuzarte mengatakan bahwa ada dua tema utama yang paling banyak didengarkan penggunanya di Indonesia. Tema komedi dan horor merupakan konten siniar (podcast) yang paling digemari di platform audio digital tersebut.

"Dari segi konten, pendengar di Indonesia cenderung menyukai podcast dengan topik atau genre berupa komedi, horor, motivasi dan pengembangan diri, hingga kesehatan," kata Zuzarte dalam jumpa pers secara daring, Kamis.

Baca Juga

Lebih lanjut, Zuzarte mengatakan, pertumbuhan baik bagi pendengar maupun kreator podcast (podcaster) di Indonesia dan Asia Tenggara terus meningkat dari waktu ke waktu. Pertumbuhannya bisa terbilang tinggi dari sisi kreator maupun pendengar.

"Podcast adalah cara ideal untuk menghibur, menginspirasi, dan membuat rileks para pendengar di momen screenless," jelasnya.

Hal ini didukung dengan fakta bahwa saat ini terdapat 2,9 juta lebih konten podcast di Spotify secara global. Peran serta para podcaster ini, menurut Zuzarte, merupakan bahan bakar dari pertumbuhan ekosistem konten audio tersebut.

"Kreator memegang peran utama dalam ekosistem podcast, sehingga, kami di Spotify terus mendukung dan membangun kerja sama dengan mereka. Kami sangat berinvestasi dan bersemangat untuk membangun komunitas ini," ujarnya.

Di Indonesia, menurut Zuzarte, pendengar podcast di Spotify didominasi oleh generasi muda. Sebanyak 83 persen milenial dan 66 persen merupakan generasi Z.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement