Rabu 11 May 2022 08:28 WIB

Beli Sekarang Atau Nanti? Ini Tips Atur Uang Biar Bisa Beli Mobil

Kapan waktu yang tepat beli mobil, sekarang atau nanti? Bagaimana mengatur keuangan dan anggaranagar bisa beli mobil? Simak ulasannya berikut ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Jual Beli Mobil
Jual Beli Mobil

Selain kepemilikan rumah, tak sedikit orang juga yang ingin memiliki kendaraan pribadi, yaitu mobil. Terkadang memiliki mobil ini dijadikan sebagai tanda kesuksesan seseorang. Nyatanya, seseorang yang membeli mobil juga karena memenuhi kebutuhan transportasi.

Kamu yang sudah berpenghasilan, tentunya bisa membeli mobil. Namun, membeli mobil bukan seperti membeli baju, elektronik dan lainnya yang bisa beli kapan saja. Kamu perlu mempertimbangkan keuangan dan anggaran mobil dengan matang, mengingat harga mobil yang tinggi.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk membeli mobil, sekarang atau nanti? Kemudian, bagaimana mengatur keuangan dan anggarannya agar bisa beli mobil?

Biar tak bingung, simak ulasannya berikut ini!

 

Tanda Kamu Harus Punya Mobil

mobil

Tanda kamu harus punya mobil

Ada tanda-tanda yang mesti kamu kenali apakah kamu harus segera beli mobil atau tidak. Berikut tanda-tadanya, yaitu:

1. Lokasi Rumah yang Jauh

Jarak antara rumah dengan tempat kerja atau bisnis memang jadi poin utama yang patut kamu pertimbangkan sebelum membeli mobil. Jika jarak rumah terlalu jauh, kamu akan menggunakan banyak transportasi umum yang harus ditumpangi.

Selain itu, banyak waktu yang terbuang juga karena tranportasi umum juga membutuhkan penumpang yang banyak. Alhasil, sampai kantor sudah kesiangan.

2. Biaya Transportasi Umum Lebih Boros

Dengan banyaknya transportasi yang kamu gunakan untuk menuju kantor atau fasilitas umum lainnya, kamu juga harus mengeluarkan ongkos tranportasi umum lebih banyak. Hal ini tentunya akan membuat pengeluaran menjadi lebih boros.

Untuk itu, segera mengambil keputusan membeli mobil menjadi pertimbangan agar pengeluaran transportasi lebih hemat.

3. Tidak Punya Cicilan yang Berat

Membeli mobil juga bisa segera kamu wujudkan apalagi keuanganmu tidak memiliki pos pengeluaran untuk cicilan yang berat. Misalnya tidak ada cicilan kredit rumah, pinjaman uang tunai untuk modal usaha dan sebagainya.

Tips Atur Uang Biar Bisa Beli Mobil

beli mobil

Atur uang biar bisa beli mobil

Jika kamu sudah merasakan adanya tanda-tanda di atas, artinya kamu bisa membeli mobil. Agar bisa segera terwujud dan keuanganmu tetap aman, berikut tips yang perlu kamu terapkan, antara lain:

1. Gaji Sudah Stabil

Selain gaji cukup, kestabilan gaji juga menjadi faktor utama yang harus dipertimbangan sebelum membeli mobil. Sebab, percuma saja jika rata-rata penghasilan kamu besar, tapi setiap bulannya tidak stabil karena bisa saja keuanganmu goyah tanpa diduga.

Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kalau gaji atau penghasilanmu sudah stabil. Dengan begitu, keuangan juga bisa berjalan aman.

2. Sudah Memiliki Beberapa Aset Investasi

Jika gajimu sudah dipastikan stabil setiap bulannya, selanjutnya adalah miliki beberapa aset investasi terlebih dahulu. Investasi ini bukan hanya sekedar menambah keuntunganmu, tapi juga bisa memberikan keamanan pada keuanganmu.

Misalnya saja, apabila sewaktu-waktu kamu terkena pemutusan kerja, omset penjualan menurun, kamu bisa mengandalkan hasil dari investasi tanpa mengganggu pos keuangan yang lain.

Baca Juga: Daftar 15 Mobil Terlaris di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

 

3. Tabungan Sudah Lebih dari Harga Mobil Impian

Setiap orang wajib memiliki tabungan. Apalagi jika kamu ingin membeli barang yang lumayan mahal. Nah, sebelum kamu membeli mobil, sebaiknya kamu memiliki tabungan yang jumlahnya sudah sama atau lebih dari harga mobil yang kamu inginkan.

Jika mobil yang kamu inginkan seharga 150 juta rupiah, maka tabunganmu juga harus mencapai 150 – 200 juta rupiah. Anggap saja, tabungan ini kamu jadikan backup-an keuangan karena kamu telah membeli mobil.

4. Dana Darurat Aman

Memiliki tabungan saja belum cukup untuk mengamankan keuangan ketika kamu ingin membeli mobil. Kamu juga harus memastikan kalau kamu telah memiliki dana darurat yang cukup dan aman. Dana darurat ini akan berguna jika kamu mengalami keperluan atau kebutuhan yang datang secara tiba-tiba, seperti sakit, service elektronik, membantu keluarga dan sebagainya.

5. Menyiapkan Anggaran Khusus Mobil

Bukan hanya muka atau tubuh, kendaraan mobil pun juga butuh perawatan agar body hingga mesin mobil tetap dalam kondisi yang bagus. Dengan begitu, kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Perlu kamu tahu, perawatan mobil ini harus dilakukan dengan rutin. Setiap mobil ini juga memiliki perawatan dan harga yang berbeda-beda tergantung dari besaran CCnya. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan anggaran khusus mobil sehingga pos keuangan lain tidak terganggung dan kondisi keuangan tetap aman.

6. Menentukan Mobil Baru atau Bekas

Membeli mobil tidak harus selamanya baru. Jika kamu ingin membeli mobil bekas pun tidak menjadi masalah. Namun, sebelum deal beli mobil bekas, kamu perlu melakukan pengecekan mobil secara keseluruhan.

Baca Juga: Ini Kelebihan Beli Mobil Baru Daripada Mobil Bekas

7. Pilih Merek Mobil Sesuai Kemampuan

Sekarang ini, konsumen juga dimanjakan dengan hadirnya merek dan tipe mobil yang beragam. Mulai dari yang tipe sedan, ukuran sedang, tipe keluarga, dan sebagainya. Dengan banyaknya merek dan tipe mobil ini, jangan membuat kamu menjadi bingung dalam memiliki mobil.

Pilihlah merek dan tipe mobil yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu, tapi juga tetap pertimbangan spesifikasi mobil sesuai kebutuhanmu. Lakukan survei di setiap showroom mobil, untuk mendapatkan mobil yang pas dengan kebutuhan dan kantongmu.

8. Pilih Cara Pembayaran yang Tepat

Menyoal pembayaran mobil ini, kamu bisa melakukannya langsung lunas, mencicil atau pinjaman. Kembali lagi dengan kondisi keuanganmu. Jika memang, kamu telah menyiapkan uang untuk membeli mobil, maka langsung membayar tunai bisa dilakukan.

Akan tetapi, kamu juga bisa melakukan pembayaran mobil dengan mencicilnya. Namun, kamu harus menghitung biaya total kepemilikan mobil, mulai dari harga mobil, biaya bunga, asuransi dan lainnya.

Keuangan Aman dan Berikan Perlindungan Pada Mobilmu

Memiliki mobil artinya kamu juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap mobil dan keuangan. Pastikan, kondisi keuangan, anggaran mobil hingga kondisi mobil selalu dalam kondisi aman. Lakukan evaluasi berkala terhadap keuanganmu, jika ada yang tidak sesuai segara lakukan perbaikan. Berikan juga perawatan terbaik pada mobil pribadimu.

Selain itu, penting juga memberikan perlindungan pada mobilmu dengan asuransi kendaraan terbaik. Dengan asuransi ini bisa mengcover biaya jika mobilmu terjadi kerusakan atau mengalami kecelakaan. Pilihlah asuransi kendaraan yang menawarkan fasilitas lengkap dengan premi yang terjangkau dan pastinya perusahaan asuransi memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya.

Baca Juga: Asyik, Beli Mobil Baru Bisa Kena Pajak dan DP 0 Persen! Ini Tipe Mobilnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement