Ahad 05 Sep 2021 18:33 WIB

Uni Emirat Arab akan Luncurkan Rover dalam Misi Bulan

UEA menjadi keempat di dunia yang mengirimkan rover ke Bulan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi bulan
Foto: dok. Republika
Ilustrasi bulan

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI – Pusat Luar Angkasa Mohammed bin Rashid mengumumkan pada Sabtu (5/9), Uni Emirat Arab (UEA) akan meluncurkan rover Rashid ke situs Lake of Dreams. UEA menjadi negara Arab pertama dan keempat di dunia yang mengirimkan rover ke Bulan.

Lake of Dreams atau yang dikenal juga sebagai Lacus Somniorum berada di sisi timur laut bulan dan dicirikan karena komposisinya yang unik. Sementara itu, rover Rashid yang akan diluncurkan antara Agustus dan November 2022, akan menempuh jarak 385 ribu kilometer.

Baca Juga

UEA telah menjadi pelopor di Timur Tengah untuk astronomi dan ilmu antariksa dengan meluncurkan misi eksplorasi ruang angkasa pertama dunia Arab ke Mars. Hope Probe yang diluncurkan pada 19 Juli 2020 dan mencapai Mars pada 9 Februari 2021, menjadikan UEA negara kelima di dunia yang memasuki orbit Planet Merah.

Dilansir Al Arabiya, Ahad (5/9), negara ini pertama kali mendirikan badan antariksanya pada tahun 2014 dan mengirim astronot pertamanya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada tahun 2019. Kantor Media Dubai mengumumkan pada Agustus lalu Emirat Dubai akan menjadi tuan rumah Kongres Astronautika Internasional edisi ke-72, konferensi luar angkasa terbesar di dunia pada bulan Oktober.

Konferensi yang berlangsung dari 19 hingga 25 Oktober akan menyediakan platform bagi mereka yang tertarik di lapangan untuk berjejaring dengan para pemimpin ruang angkasa global di seluruh sektor pemerintah, industri, dan akademisi. Organisasi juga akan dapat menyoroti kemampuan, pengalaman, kontribusi, dan inovasi mereka selama konferensi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement