Senin 06 Sep 2021 10:37 WIB

Airlangga Pimpin Rakor Jayapura, Bahas PON Hingga Ekonomi

Airlangga tekankan persiapan PON dan pemulihan ekonomi pasca-Covid-19.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nashih Nashrullah
Airlangga tekankan persiapan PON dan pemulihan ekonomi pasca-Covid-19. Ilustrasi Airlangga di Papua
Foto: Dok Republika
Airlangga tekankan persiapan PON dan pemulihan ekonomi pasca-Covid-19. Ilustrasi Airlangga di Papua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Komite PC-PEN memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) di Jayapura, Papua. 

Rakor dilakukan bersama Kepala Daerah, Ketua DPRP, Forkompimda, dan Kepala OPD Provinsi Papua, serta para Bupati/Walikota bersama Forkompimda Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua. 

Baca Juga

Airlangga menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sekaligus memberikan arahan terkait langkah perbaikan. Kemudian mendengarkan aspirasi dan masukan dari para Kepala Daerah di wilayah paling timur Indonesia ini. 

Pada awal Rakor, dijelaskan tentang jumlah kasus aktif di Provinsi Papua per 3 September 2021 yang masih mencapai 12.378 kasus atau masih meningkat 6,80 persen dibandingkan per 9 Agustus lalu. 

Kondisi ini menjadikan provinsi tersebut memiliki jumlah kasus aktif terbesar kedua (di luar Jawa Bali) di bawah Provinsi Sumatra Utara yang sebanyak 19.422 kasus.  

Meski begitu, secara umum di tingkat nasional terjadi penurunan Kasus Aktif di daerah luar Jawa Bali, yaitu di wilayah Sumatra (-48,41 persen), Nusa Tenggara (-71,20 persen), Kalimantan (-60,25 persen), Maluku-Papua-Papua Barat (-29,26 persen). Khusus Provinsi Papua, per 3 September 2021, jumlah kasus aktif kumulatif dari tahun lalu sebanyak 32.568 kasus (share nasional 0,79 persen), sedangkan kasus aktif seminggu terakhir sebanyak 12.378 kasus (38 persen).  

Kalau untuk persentase kumulatif dari awal pandemi sampai 3 September 2021, tingkat kesembuhan 19.832 kasus (60,9 persen), dan tingkat kematian 358 kasus (1,10 persen).

Menko Perekonomian mengingatkan kembali kepada Forkompimda Provinsi Papua (Pangdam, Kapolda, Kajati) untuk terus bekerja sama lebih erat lagi guna mendorong penurunan jumlah kasus aktif, apalagi penyelenggaraan PON XX sudah tinggal beberapa hari lagi.  

Sebab, walaupun terjadi perbaikan level asesmen di Kabupaten Dogiyai dan Keerom, namun terjadi kenaikan level di Kabupaten Lanny Jaya (dari level 1 ke 3).

“Sesuai arahan Bapak Presiden, saya harus meng-update kondisi terakhir penanganan Covid-19 dan kesiapan PON di Papua, baik dari sisi dukungan Pemerintah pusat, provinsi, sampai ke Kabupaten/Kota, terutama 5 Kab/Kota yang terkait langsung dengan penyelenggaraan PON, yaitu Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Keerom sebagai penyangga. Saya titip ke jajaran Forkompimda, supaya tingkat kasus ini bisa diturunkan dalam 1 sampai 2 pekan ke depan,” ujar Airlangga dalam keterangan resmi, Ahad (5/9). 

Positivity Rate yang masih cukup tinggi, terutama di Kabupaten Supiori (60,0 persen), Mamberamo Tengah (33,3 persen), sehingga jumlah testing masih harus ditingkatkan. Capaian testing yang cukup tinggi di hanya di Kabupaten Boven Digoel dan Kota Jayapura yang sudah lebih dari 80 persen. 

Jika dilihat dari zonasi risiko, Provinsi Papua termasuk dalam zonasi risiko sedang (Zona Oranye). Terdapat 15 Kab/Kota dengan risiko rendah (zona hijau), 14 Kab/Kota dengan risiko sedang (zona oranye).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement