Senin 06 Sep 2021 14:49 WIB

Teleskop Tangkap Gambar Bintang yang Keluarkan Semburan Gas

Fenomena kosmik yang aneh ini adalah pemandangan langka yang disebut Herbig Haro.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop luar angkasa Hubble menangkap gambar yang terlihat seperti lightsaber di film Star Wars
Foto: ESA/hubble/nasa
Teleskop luar angkasa Hubble menangkap gambar yang terlihat seperti lightsaber di film Star Wars

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Teleskop Hubble menangkap gambar bintang yang mengeluarkan semburan gas. Gambar yang dibagikan oleh Badan Antariksa Amerika (NASA) pekan ini adalah sepasang pancaran yang menyembur keluar dari bintang yang baru lahir. Pemandangan ini terbentuk ketika bintang aktif yang luar biasa mengeluarkan aliran gas terionisasi.

Dilansir dari Digital Trend, Senin (6/9), fenomena kosmik yang tampak aneh ini adalah pemandangan langka yang disebut objek Herbig-Haro (HH111). Ilmuwan Hubble mengatakan objek spektakuler ini berkembang dalam keadaan yang sangat spesifik.

Baca Juga

Bintang-bintang yang baru terbentuk seringkali sangat aktif. Dalam beberapa kasus mereka mengeluarkan pancaran yang sangat sempit dari gas terionisasi yang bergerak cepat-gas yang sangat panas sehingga molekul dan atomnya kehilangan elektronnya, membuat gas menjadi sangat bermuatan.

"Aliran gas terionisasi kemudian bertabrakan dengan awan gas dan debu yang mengelilingi bintang yang baru terbentuk dengan kecepatan ratusan mil per detik. Tabrakan energik inilah yang menciptakan objek Herbig-Haro seperti HH111,” ujar Ilmuwan Hubble.

Teleskop Hubble sebelumnya telah mencitrakan pemandangan yang lebih langka, yaitu sepasang objek Herbig-Haro yang terletak di konstelasi Vela. Kedua objek tersebut berperan penting dalam pemahaman para astronom tentang objek ini untuk pertama kalinya, karena sebelumnya dianggap sebagai nebula emisi. Kelas objek baru dinamai untuk dua astronom pertama yang mempelajarinya secara mendalam, George Herbig dan Guillermo Haro.

Baca juga : Ilmuwan Ungkap Kapan dan Bagaimana Matahari akan Hancur

Untuk menangkap gambar, Hubble menggunakan Wide Field Camera 3 (WFC3). Sulit untuk membayangkan objek Herbig-Haro karena meskipun mereka memberikan banyak cahaya dalam panjang gelombang yang terlihat, banyak cahaya ini diserap oleh debu dan gas di sekitarnya.

Jadi untuk memotret objek, WFC3 melihat pada panjang gelombang inframerah, di mana objek masih bersinar, tetapi cahayanya tidak lagi terhalang oleh debu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement