Selasa 07 Sep 2021 05:45 WIB

Satu-satunya Ulama yang Mendapat Julukan si Tuli

Ada seorang ulama tasawuf yang dijuluki si tuli.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 Satu-satunya Ulama yang Mendapat Julukan si Tuli. Foto: Memberi nasihat merupakan anjuran agama (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Satu-satunya Ulama yang Mendapat Julukan si Tuli. Foto: Memberi nasihat merupakan anjuran agama (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seorang ulama besar bidang Tasawuf di wilayah Khurasan, Hatim bin ibn Yusuf atau yang dikenal dengan Hatim al-Asham (wafat 237 H). Dia merupakan satu-satunya ulama yang mendapat julukan si Tuli, walaupun pendengarannya sebenarnya sangat normal.

Dalam kitab Nashaihul ‘Ibad, Syekh Nawawi al-Bantani menjelaskan bahwa Hatim bin ibn Yusuf dijuluki al-Asham (tuli) karena pada suatu ketika ada seorang perempuan yang menemuinya untuk menanyakan suatu masalah. Tiba-tiba perempuan tersebut, sehingga wajahnya memerah akrena malu.

Baca Juga

Untuk menutupi rasa malu perempuan tersebut, Hatim kemudian berkata, “Keraskan suaramu!”

Saat itu Hatim pura-pura tuli dan tidak mendengar ucapan perempuan tersebut. Mengetahui hal itu, perempuan itu pun merasa senang dan hilanglah rasa malunya sebab ia yakin bahwa Hatim tidak mendengar suara kentutnya.

Setelah kejadian itu, si perempuan menyebarkan informasi bahwa Hatim tuli. Hingga akhirnya, ulama sufi itu pun masyhur dengan nama Hatim al-Asham. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari sosok ulama yang satu ini. Misalnya, dari kisahnya saat menjawab pertanyaan setan.

Pada suatu waktu, Hatim al-Asham berkata,

“Setiap pagi setan selalu bertanya kepadaku tentang tiga hal, ‘Apa yang engkau makan?’, ‘Apa yang engkau pakai’, ‘Di mana tempat tinggalmu?’.

Baca juga : Mengapa Mahasiswa Kristen India Kunjungi Masjid Sharjah?

Lalu Hatim menjawab, “Aku sedang memakan kematian (aku mencicipi pahitnya kematian), yang aku pakai adalah kain kafan, dan tempat tinggalku adalah kuburan.”

“Mendengar jawaban itu setan langsung lari menjauhiku,” kata Hatim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement