Kamis 09 Sep 2021 18:08 WIB

Manfaat Anak Bermain Sesuai Usianya

Orang tua jangan terobsesi untuk memberikan permainan yang melampaui usia anak.

Red: Qommarria Rostanti
Anak bermain (ilustrasi)
Anak bermain (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penting bagi orang tua untuk mengajak anak beraktivitas bersama. Terutama, dengan mainan untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal sesuai dengan usianya.

"Penting bagi mereka untuk mengetahui permainan dan mainan harus sesuai dengan usianya sehingga anak bisa lakukan aktivitas yang tidak terlalu susah dan maupun mudah, pas dengan fase dan usia," kata dokter spesialis anak dari FKUI-RSCM, dr Mesty Ariotedjo, Sp.A, dalam jumpa media daring bersama Early Learning Center, Kamis (9/9).

Menurut dia, orang tua jangan terobsesi untuk memberikan permainan yang melampaui usianya. "Karena nanti malah tidak optimal untuk menstimulasi kemampuan anak, serta pemahaman konsep dengan cara bermain," ujarnya.

Selain usia, orang tua juga bisa menaruh perhatian kepada minat anak saat itu. Misalnya, anak mulai tertarik dengan mainan mobil-mobilan, atau bermain boneka dan rumah-rumahan, orang tua bisa beraktivitas bersama anak dan memadukan beberapa aspek lainnya ketika bermain. Dia mengatakan, skill anak tidak akan berkembang jika tidak sesuai usia, fase, dan minat anak. 

"Sekarang, adalah bagaimana kita bisa integrasikannya, untuk observasi anak antusias dengan apa, itu yang perlu kita kembangkan," kata dr Mesty.

Dia menyebut, bermain dengan anak penting karena dengan main itu banyak aspek yang terasah. Misalnya koordinasi mata dengan tangan, ketelitian, dan lainnya. "Banyak hal yang bisa dilatih dan ini adalah cara efektif untuk mengoptimalkan perkembangan anak," ujarnya.

Bermain dengan anak bukan hanya tugas ibu saja. Ayah juga memiliki peran penting dalam pengembangan aspek intelegensi, sosial, dan emosional anak.

Dia mengatakan, menurut sebuah studi, 47 persen ayah tidak berperan saat bermain dengan anak. Jika ayah ikut berperan, aspek sosial dan emosionalnya akan jauh lebih baik untuk anak-anak.

"Lebih baik ayah terlibat demi menunjang perkembangan anak. Ayah sangat memengaruhi baik untuk perkembangan anak perempuan atau laki-laki," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement