Pemkab Pastikan Objek Wisata Dieng Dibuka 10 September

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Pastikan Objek Wisata Dieng Dibuka 10 September (ilustrasi).
Pemkab Pastikan Objek Wisata Dieng Dibuka 10 September (ilustrasi). | Foto: deriksusukanbanjarnegara.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memastikan bahwa objek wisata Dieng akan dibuka pada Jumat, 10 September 2021 dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Insya Allah besok dibuka," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto ketika dihubungi dari Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (9/9).

Dia mengatakan menjelang waktu pembukaan, pihaknya terus melakukan berbagai persiapan dan melakukan penataan fasilitas. "Sejak kemarin kami terus melakukan persiapan dan melakukan penataan fasilitas sesuai fungsinya agar wisatawan nantinya dapat merasa aman dan nyaman saat datang berkunjung," katanya.

Dia mengatakan, pengelola objek wisata Dieng sudah siap menyambut kedatangan wisatawan dengan berbagai prosedur dan persyaratan terkait dengan protokol kesehatan. "Seperti yang telah kami sosialisasikan dalam beberapa hari terakhir ini, persyaratan untuk masuk ke objek wisata Dieng kami perketat. Wisatawan selain wajib memakai masker dan menjaga jarak juga wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan kepada para calon pengunjung untuk menggunakan aplikasi Peduli Lindungi guna mempermudah proses masuk ke dalam objek wisata. "Seperti yang diketahui bersama, pemerintah sudah menerapkan kebijakan terkait dengan pemberian vaksin sehingga selain persyaratan protokol kesehatan seperti masker dan jaga jarak kami juga menambah persyaratan lain yakni pengunjung yang datang minimal sudah mendapatkan vaksin dosis pertama," katanya.

Dia menjelaskan, beberapa hari yang lalu pihaknya juga telah melakukan simulasi pembukaan destinasi wisata. Uji coba secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan itu dilakukan di Komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang. "Maksud dan tujuan mengadakan simulasi adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan ketika pada saatnya objek wisata dibuka maka pengelola maupun pihak terkait lainnya seperti biro perjalanan dan lain sebagainya sudah siap," katanya.

Dia menambahkan seluruh pihak diharapkan bisa menyesuaikan dengan regulasi-regulasi yang ada dan dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Selain itu, dia berharap pembukaan objek wisata Dieng akan berjalan dengan baik dan lancar serta tertib sesuai dengan aturan-aturan protokol kesehatan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kabupaten Bandung akan Uji Coba Buka Dua Destinasi Wisata

Pelaku Pariwisata di Garut Didorong Gunakan Peduli Lindungi

Wisatawan ke Pangandaran Harus Sudah Divaksinasi

Kebun Binatang Bandung Dibuka dengan Syarat

Boleh Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata di DIY, Asalkan...

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark