Kamis 09 Sep 2021 21:40 WIB

Etika dan Skill Modal Penting Hadapi Era Digital

Era digital menuntut keahlian individu dan etika yang ekstra

Red: Nashih Nashrullah
Era digital menuntut keahlian individu dan etika yang ekstra. Ilustrasi media sosial
Foto: pixabay
Era digital menuntut keahlian individu dan etika yang ekstra. Ilustrasi media sosial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Pemanfaatan dunia digital lanjutnya, harus dibarengi dengan sikap terhadap informasi. Gunakan era digital untuk membuka jaringan yang berpeluang menghasilkan nilai ekonomi dengan dibarengi etika-etika yang luhur.  

Demikian dikataka anggota Komisi 1 DPR, Dave Akbarshah, dalam webinar Aptika Kominfo Kamis (8/9). Menurut dia, dalam kaitan dengan etika komunikasi, khususnya berhubungan dengan publik juga mengalami perubahan. Masa depan media massa juga mendapat tantangan dari dunia digital ini. 

Baca Juga

"Transformasi oleh teknologi digital mengubah cara memproduksi dan mendistribusikan informasi dan pengetahuan, serta cara bekerja dan bersosialisasi," ujarnya. 

Menurutnya, media baru menjadi gambaran teknologi informasi berdasarkan kode digital. Teknologi digital membawa karakteristik kunci yang membedakan dari dunia analog.  

Kemudian, persoalan etika yang sering terjadi di internet saat ini adalah seperti maraknya hacker, banyaknya hoax yang beredar, ujaran kebencian, cyber bullying, dan posttruth. 

"Untuk mencegah hal tersebut, pemerintah membuat langkah-langkah seperti menindak sesuai hukum yang berlaku, memperkuat UU terkait digital, meningkatkan literasi, dan mensosialisasikan kepada publik tentang beretika dalam dunia internet," katanya. 

Dia menjelaskan ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita mempunyai etika di dunia digital, di antaranya mampu menyaring informasi dari berbagai platform digital.

“Setiap kata, gambar dan video yang diunggah dalam internet berpotensi dengan berbagai hal interpretasi. Digitalisasi membutuhkan kecerdasan kita untuk menyebarkan informasi," kata dia. 

Setiap hal yang dipublish ke ruang digital berpotensi meluas ke dunia maya dan dapat diakses dari mana saja di seluruh dunia. "Ini bisa menjadi kesempatan sekaligus tantangan di dunia digital. Kita harus terus menyebarkan semangat positif di dunia digital," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement