Jumat 10 Sep 2021 11:47 WIB

Ambil Alih Hotel For Season, Bill Gates Beli Saham Alwaleed

Bill Gates membeli setengah saham Pangeran Alwaleed senilai 2,21 miliar dolar AS.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolandha
Cascade Investment LLC milik Bill Gates mengambil alih Four Seasons Hotels and Resorts dengan membeli sekitar setengah saham Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi senilai 2,21 miliar dolar AS.
Foto: EPA
Cascade Investment LLC milik Bill Gates mengambil alih Four Seasons Hotels and Resorts dengan membeli sekitar setengah saham Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi senilai 2,21 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Cascade Investment LLC milik Bill Gates mengambil alih Four Seasons Hotels and Resorts dengan membeli sekitar setengah saham Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi senilai 2,21 miliar dolar AS. Hal itu diungkapkan operator hotel itu.

Cascade akan mengakuisisi setengah dari saham pangeran miliarder di Four Seasons. Dengan begitu, kepemilikannya meningkat menjadi 71,3 persen dan menilai jaringan hotel sebesar 10 miliar dolar AS secara perusahaan.

Pangeran Alwaleed, melalui kendaraan investasi Kingdom Holding Co (4280.SE) , akan terus memiliki sisa saham, kata Four Seasons dalam sebuah pernyataan. Sang pangeran sendiri memiliki saham di banyak perusahaan seperti Citigroup Inc (CN) dan perusahaan transportasi online Lyft Inc, perusahaan investasinya telah menjual sahamnya di hotel selama 10 tahun terakhir.

Pangeran Alwaleed dibebaskan pada awal 2018 setelah ditahan di Hotel Ritz-Carlton Riyadh dengan sejumlah bangsawan, pejabat senior, dan pengusaha sebagai bagian dari upaya antikorupsi Arab Saudi. Dalam sebuah wawancara dengan Fox News Channel akhir tahun itu, pangeran mengatakan penahanannya 'dimaafkan dan dilupakan'.

Secara terpisah, Kingdom Holding mengatakan akan menggunakan hasil tunai dari divestasi untuk investasi masa depan. Sekaligus membayar sebagian dari pinjaman yang belum dibayar. 

Dilansir Reuters pada Jumat (10/9), Cascade menolak berkomentar di luar siaran pers. Perusahaan pertama kali berinvestasi di Four Seasons pada 1997.

Operator hotel yang mengelola 121 properti dan memiliki lebih dari 50 proyek itu dalam proses diambil alih satu dekade kemudian oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Cascade, Pangeran Alwaleed dan pendiri jaringan hotel Isadore Sharp. Sharp akan mempertahankan 5 persen sahamnya sebagai bagian dari kesepakatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement