Jumat 10 Sep 2021 13:25 WIB

Warga Positif di Lampung Diminta Isolasi di Tempat Isoter

Peran Puskesmas untuk mengajak masyarakat sangat penting.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi warga terpapar Covid-19
Foto: www.freepik.com.
Ilustrasi warga terpapar Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Dinas Kesehatan Provinsi Lampung meminta warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) dapat melakukan isolasi ke sejumlah tempat isolasi terpusat (isoter) yang telah disediakan oleh pemerintah setempat. 

"Sudah ada imbauan yang diberikan kepada kabupaten dan kota untuk membawa warganya yang menjalani isolasi mandiri ke isolasi terpusat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Jumat (10/9).

Ia mengatakan, pemindahan warga yang menjalani isolasi mandiri ke isolasi terpusat dilakukan agar perkembangan kesehatan warga terpapar Covid-19 dapat terpantau dengan baik.

"Kalau di isolasi terpusat sudah ada tenaga kesehatan yang berjaga, jadi perkembangan warga yang terpapar Covis-19 bisa terpantau dan bisa mendapatkan penanganan dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan, dalam upaya membujuk warga yang terpapar Covid-19 agar bersedia di bawa ke isolasi terpusat peran Puskesmas untuk mencatat dan mengarahkan warga sangatlah besar.

"Kunci utama di Puskesmas karena yang dekat dengan warga, mereka memiliki peranan penting untuk memberi info serta mengarahkan warga yang sedang isoman," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement