Sabtu 11 Sep 2021 08:37 WIB

Peneliti Temukan Penyebab Bukan Perokok Kena Kanker Paru

Orang yang bukan perokok juga ada yang mengalami kanker paru.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Rontgen paru. Lebih dari dua juta orang didiagnosis menderita kanker paru di seluruh dunia setiap tahun.
Foto: Nova Wahyudi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Para peneliti berhasil mengidentifikasi tiga subtipe kanker paru di antara orang-orang yang tidak pernah merokok. Jumlahnya terdiri dari sekitar 10-20 persen dari populasi pasien kanker paru.

Menurut Institut Kesehatan Nasional (NIH) Amerika Serikat, tumor pada pasien bukan perokok ditemukan berasal dari mutasi yang didorong oleh proses alami tubuh. Kanker paru merupakan penyebab utama kematian terkait kanker di seluruh dunia.

Lebih dari dua juta orang didiagnosis menderita kanker paru di seluruh dunia setiap tahun. Temuan yang dipublikasikan di Nature Genetics ini melibatkan pengurutan seluruh genom jaringan tumor dibandingkan dengan jaringan normal dari 232 perokok yang tidak pernah didiagnosis dengan kanker paru non-sel kecil, dan yang belum menerima pengobatan.

"Apa yang kami lihat adalah bahwa ada subtipe berbeda dari kanker paru pada bukan perokok yang memiliki karakteristik molekuler dan proses evolusi yang berbeda," ujar Dr. Maria Teresa Landi, pemimpin studi dan ahli epidemiologi di Divisi Epidemiologi dan Genetika Kanker National Cancer Institute, dilansir Fox News, Jumat (10/9).

Dr. Landi berharap, akan ada perawatan kanker paru yang disesuaikan berdasarkan subtipe tersebut. Untuk melakukan penelitian, tim peneliti internasional yang memimpin National Cancer Institute memeriksa genom tumor untuk pola mutasi yang terkait dengan proses mutasi seperti paparan karsinogen, stres oksidatif, atau perbaikan DNA yang salah, yang dapat membantu menjelaskan penyebab di balik kanker.

Temuan menunjukkan sebagian besar mutasi di antara mereka yang tidak pernah merokok berasal dari proses alami yang terjadi di dalam tubuh. Tiga subtipe baru kanker paru diklasifikasikan menurut jumlah perubahan genomik.