Sabtu 11 Sep 2021 18:37 WIB

4 Alasan Mengapa Umat Islam Harus Sholat 5 Waktu  

Sholat lima waktu adalah tiang agama yang harus ditegakkan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Sholat lima waktu adalah tiang agama yang harus ditegakkan. Ilustrasi sholat
Sholat lima waktu adalah tiang agama yang harus ditegakkan. Ilustrasi sholat

REPUBLIKA.CO.ID, — Setiap orang yang beriman wajib untuk menunaikan sholat lima waktu. Kewajiban sholat lima waktu tersebut banyak tertuang baik dalam Alquran atau pun hadits Rasulullah SAW.    

 

Baca Juga

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

 

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS An Nisa 103). 

 

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS Al Baqarah 43). 

 

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ “Peliharalah semua sholat(mu), dan (peliharalah) sholat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuk.” (QS Al Baqarah 238). Berikut empat alasan mengapa harus sholat.

 

1.Mencegah dari perbuatan keji dan mungkar

 

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

 

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Alquran) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Ankabut 45). 

 

2. Sholat tiang agama

 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : اَلصَّلَاةُ عِمَادُالدِّيْنَ فَمَنْ تَرَكَهَافَقَدْهَدَمَ الدِّيْنَ Rasulullah ﷺ bersabda, “Sholat itu tiang agama, barang siapa meninggalkan sholat, maka sesungguhnya dia merobohkan agama.” 

 

3. Sholat kunci masuk surga

 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مِفْتَاحُ الْجَنَّةِ الصَّلَاةُ  Rasulullah ﷺ bersabda, “Kunci surga adalah sholat.”

 

4.Sholat, amal yang menentukan di hari perhitungan 

 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : اِنَّ أَوَّلَ مَايُنْظَرُفِيْهِ مِنْ عَمَلِ الْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الصَّلَاةُ فَاِنْ وُجِدَتْ تَامَّةً قُبِلَتْ مِنْهُ وَسَائِرُ عَمَلِهِ وَاِنْ وُجِدَتْ نَاقِصَةً رُدَّتْ عَلَيْهِ وَسَائِرُعَمَلِهِ.

 

“Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya pertama kali yang diperiksa dari amal seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Jika didapati sholatnya sempurna, maka diterima sholat dan semua amalnya. Dan apabila sholatnya ada yang kurang, maka ditolak sholatnya juga semua amalnya.”  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement