Ahad 12 Sep 2021 13:15 WIB

Gejala Diabetes Tipe 2 Bisa Terlihat di Kulit

Akantosis nigrikans adalah tanda cokelat yang muncul di sisi leher atau ketiak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Gejala diabetes tipe 2 bisa terlihat di kulit (ilustrasi).
Foto: Pixabay
Gejala diabetes tipe 2 bisa terlihat di kulit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- American Diabetes Association menyebutkan orang yang memiliki kadar gula darah tinggi cenderung lebih rentan terhadap infeksi bakteri, infeksi jamur, dan kulit gatal. Selain itu, ada kondisi tertentu yang eksklusif untuk diabetes. 

Apakah Anda menunjukkan tanda-tanda akantosis nigrikans? Tanda apa itu?

Dilansir di laman Express pada Ahad (12/9), akantosis nigrikans adalah tanda cokelat yang muncul di sisi leher, ketiak, atau area selangkangan. Kadang-kadang, lesi ini dapat terlihat di tangan, siku, atau lutut dan tanda tersebut berkembang ketika seseorang sangat kelebihan berat badan.

"Diabetes dapat menyebabkan perubahan pada pembuluh darah kecil," jelas American Diabetes Association.

Perubahan ini dapat menyebabkan masalah kulit yang disebut dermopati diabetik. Muncul sebagai bercak cokelat muda, bersisik, dalam bentuk oval atau melingkar, mereka dapat disalahartikan sebagai bintik-bintik penuaan. Ini terutama benar karena lesi tidak sakit, gatal, atau terbuka sebagai luka.

Saat Anda mencarinya, lesi seperti itu sering muncul di bagian depan kedua kaki. Meskipun dianggap sebagai kondisi kulit yang "tidak berbahaya", gula darah tinggi itu sendiri bisa menjadi kondisi kesehatan yang sangat berbahaya.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mendapatkan diagnosis sesegera mungkin, dan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. "Penyakit lain yang mungkin disebabkan oleh perubahan pembuluh darah adalah necrobiosis lipoidica diabetesorum (NLD)," kata organisasi itu.

NLD menyebabkan bintik-bintik yang mirip dengan dermopati diabetik, tetapi lebih sedikit, lebih besar, dan lebih dalam. Sering kali dimulai sebagai daerah kusam, merah, terangkat, lesi berubah menjadi bekas luka mengkilap dengan batas ungu.

Pembuluh darah mungkin menjadi lebih mudah dilihat di bawah kulit, dan NLD bisa menjadi gatal dan nyeri, kadang-kadang, bintik-bintik itu terbuka. Setelah luka terbuka berkembang, sangat penting untuk membuat janji dengan dokter sesegera mungkin.

Komunitas diabetes global menunjukkan tanda-tanda peringatan lain dari gula darah tinggi, di antaranya merasa sangat haus, harus sering ke toilet, mulut kering, merasa lelah atau lesu, merasa tidak nyaman, dan mudah tersinggung. Salah satu cara terbaik untuk menurunkan gula darah tinggi adalah dengan bergerak seperti berjalan. Olahraga berat, di sisi lain, dapat meningkatkan gula darah karena tubuh menghasilkan respons stres.

Ini juga akan membantu untuk minum lebih banyak air ketika kadar gula darah tinggi, membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan glukosa ekstra. Merefleksikan berapa banyak gula yang Anda konsumsi dalam diet Anda juga berguna, sesuaikan ini jika perlu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement