Ahad 12 Sep 2021 16:13 WIB

Tips Membuat Podcast Bermodal Ponsel

Podcast akhir-akhir ini sedang diminati untuk berbagi konten.

Red: Dwi Murdaningsih
Podcast (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Podcast (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siaran audio podcast akhir-akhir ini sedang diminati untuk berbagi konten, terutama untuk menyuarakan opini atau diskusi. Pembuat podcast pemula seringkali kebingungan harus memulai dari mana, menentukan konten, sampai tidak memiliki peralatan yang canggih seperti mikrofon dan mixer.

OPPO Indonesia membagikan kiat membuat podcast dengan ponsel, berikut ini:

Baca Juga

Tentukan tema

Sebelum membuat podcast, tentukan tema yang ingin dibicarakan dalam episode tersebut. Cara termudah adalah pilih topik yang disukai pembuat.

Ketika menguasai topik tersebut, pendengar akan menganggap konten tersebut terpercaya. Selain itu, pemula juga bisa memilih topik populer yang bisa menarik pendengar. Pada podcast pertama, buat perkenalan singkat tentang diri dan topik yang akan dibahas dalam episode tersebut.

Posisi ponsel

Setelah membuat skenario, letakkan ponsel di posisi yang tepat agar kualitas rekaman audio baik. Perkirakan jarak yang tepat agar suara napas tidak terekam.

Rekam suara

Ketika sedang merekam suara, sebaiknya matikan notifikasi agar tidak ada suara yang mengganggu. Ketika berbicara, jangan terpaku pada skenario agar terkesan alami, tidak seperti membaca teks.

Pilih ponsel yang memiliki kapasitas luas agar bisa menyimpan berkas dalam ukuran besar. Baterai yang besar juga dibutuhkan agar ponsel bisa menyala lama saat membuat podcast.

Sunting dan unggah

Pengguna bisa memasang aplikasi penyunting suara di ponsel untuk menyunting podcast. Tambahkan deskripsi berupa rangkuman singkat tentang topik dalam episode tersebut. Berikan juga sampul yang menarik untuk podcast. Untuk mengunggah berkas audio, pengguna bisa memanfaatkan layanan ketiga untuk mengunggah podcast ke platform digital atau media sosial.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement