Jumat 17 Sep 2021 11:21 WIB

In Picture: Menjemput Hidayah di Rumah Rehabilitasi Adiksi Narkoba (2)

Pemulihan bagi para pasien adalah sebuah perjalanan panjang dan godaan yang berulang..

Rep: Syifa Yulinnas/ Red: Yogi Ardhi

Sejumlah korban penyalahgunaan narkotika melaksanakan shalat ashar berjamaah saat menjalani rehabilitasi di Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Yayasan GEMA. (FOTO : ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)

Sejumlah korban penyalahgunaan narkotika berada di dalam kamar saat menjalani rehabilitasi di Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Yayasan Generasi Emas Aceh (GEMA) di Desa Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. (FOTO : ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)

Seorang korban penyalahgunaan narkotika menutupi mukanya dengan poster motivasi saat menjalani rehabilitasi di Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Yayasan GEMA. (FOTO : ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)

Sejumlah korban penyalahgunaan narkotika berada di dalam kamar saat menjalani rehabilitasi di Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Yayasan Generasi Emas Aceh (GEMA) di Desa Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. (FOTO : ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)

Konseler berbincang dengan korban penyalahgunaan narkotika yang menjalani rehabilitasi di Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Yayasan Generasi Emas Aceh (GEMA) di Desa Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. (FOTO : ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)

Konseler berbincang dengan korban penyalahgunaan narkotika yang menjalani rehabilitasi di Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Yayasan GEMA. (FOTO : ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Program-program di rumah rehab ini meliputi pendekatan religi seperti belajar mengaji, yasinan (pengajian rutin yang dibimbing oleh ustad), shalat lima waktu secara berjamah serta saling menghormati dan memotivasi kawan yang satu dengan yang lainnya.

Selama menjalani masa karantina para korban juga diwajibkan mengikuti dua proses tahapan yaitu tahapan pertama detoxifikasi (tahapan pemutusan zat) dan yang kedua observasi primary (pengenalan program, orentasi dan tempat tinggal).

Dalam menjalani tahapan pertama detoxifikasi atau tahapan pemutusan zat, para korban mulai muncul beberapa problem seperti emosional yang tidak terkontrol dan problem kesehatan seperti sakit gigi, sakit kepala dan lain-lain. Sedangkan dalam menjalani tahapan kedua detoxifikasi (pengenalan program, orentasi dan tempat tinggal) seluruh residen baru akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kesehatannya.

Pemulihan bagi para pasien adalah sebuah perjalanan panjang dengan godaan yang berulang sehingga pendekatan religi diharapkan dapat membantu pasien mendapat hidayah dan lepas dari adiksi untuk kembali ke jalan yang benar dan bersatu bersama keluarga.

sumber : Antara Foto
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement