Sabtu 18 Sep 2021 05:03 WIB

Kata PKI, Ibu Pertiwi Hamil Tua, but Now?

Apakah pertarungan besar akan terjadi di Laut China Selatan?

Red: Muhammad Subarkah

Oleh : Ridwan Saidi, Sejarawan/Budayawan Betawi/Politikus Senior

REPUBLIKA.CO.ID -- Kalau ada di antara anda masih ingat ucapan PKI jelang G30S/PKI "Ibu Pertiwi sdh hamil tua", ingatkah bahwa yang mengucapkan itu adalah anggota CC PKI, Anwar Sanusi. Ia penulis buku pelajaran sejarah untuk SMA tahun 1950an-1960an yg isinya sangat mengecilkan Islam. 

Kini hal serupa berulang dengan pelaku berbeda tapi memakai stempel Kemdikbud. Dengan judul Kamus Sejarah dimana tokoh-tokoh PKI dilambungkan, NU dinihilkan. Saya tidak heran karena kaum komunis gunakan sejarah sebagai 'agitprop', agitasi dan propaganda. 

Saatnya kitab resmi pelajaran sejarah ditinjau ulang karena banyak kepalsuan.

Itu hal dekonstruksi sejarah, soal hamil tua bagaimana? Ini tak terkait klinik bersalin, tapi politik. Hamil tua dipakai PKI sebagai ungkapan perubahan politik.

Apakah perang Laut China Selatan berpengaruh pada negara sekitar? So pasti. Bahkan Kedubes Jepang minggu lalu keluarkan edaran bagi warganya di Indonesia, Philippina, Singapore, Malaysia, Myanmar, Thailand agar berhati-hati karena kemungkinan ada bom bunuh diri.

Namun, pejabat security Malaysia, Thailand, dan Philippina ragukan  warning ini. Saya juga ragu kok. Masa' sih perang LCS pakai bom bunuh diri.Tapi pesan terdalam warning Kedubes Jepang dapat ditangkap:

1.  Negara-negara yang disebut warning paper kemungkinan kecipratan perang LCS (Laut China Selatan).

2. Perang LCS sudah dekat.

Lie Xin Ping baru-baru ini telah dikutip sebagai mengatakan yang ia tidak merespons ajakan Joe Biden untuk bertemu. Kecebong bidang global pada joget, betul Pan Amerika bakal keok.

Joe Biden meluruskan bahwa jawaban Xin Ping tidak begitu. Menurut saya Xin Ping minta waktu menjawab dan Biden berikan time limit.

Pertemuan dua seteru sebelum perang adalah protokol perang. Dalam pertemuan Xin Ping tak akan menyerah begitu saja terhadap tuntutan Biden. Dan perang LCS tak terelakan.

Lalu kapan kedunya bertemu? Mungkin September. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement