LBH Yogyakarta Kecam Keras Pelemparan Bom Molotov

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Aksi pelemparan bom molotov (ilustrasi)
Aksi pelemparan bom molotov (ilustrasi) | Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta mengecam keras dugaan pelemparan bom molotov ke kantor mereka, Sabtu (18/9) dini hari. Direktur LBH Yogyakarta, Yogi Zul Fadhli mengatakan, aksi teror tersebut merupakan kejahatan pidana yang melanggar KUHP.

"Kami sama sekali tidak takut dengan teror," kata Yogi dalam keterangan resminya, Sabtu (18/9).

Yogi menyebut, pihaknya belum mengetahui secara pasti motif ataupun siapa pelaku dibalik dugaan pelemparan bom molotov. Pihaknya pun akan melaporkan peristiwa ini ke pihak berwenang.

Meskipun begitu, LBH Yogyakarta menduga bahwa kejadian ini berkaitan dengan pembelaan terhadap kasus-kasus struktural dan perkara masyarakat miskin. Pasalnya, saat ini LBH Yogyakarta tengah melakukan upaya advokasi terkait kasus-kasus tersebut dan sedang berjalan intensif.

Dengan adanya dugaan pelemparan bom molotov ini, katanya, justru menambah semangat LBH Yogyakarta untuk terus memperjuangkan hak dan kepentingan masyarakat miskin. Terutama masyarakat yang menjadi korban ketidakadilan dalam kasus-kasus struktural.

"Kejadian ini justru menambah berlipat-lipat semangat kami untuk terus maju dan tidak pernah berhenti melakukan pembelaan," ujarnya.

Yogi menyebut, pihaknya baru mendapatkan informasi sekitar pukul 05.00 WIB bahwa terdapat bekas terbakar api di salah satu bagian Kantor LBH Yogyakarta. "Kami mendapati salah satu bagian di sisi barat-pojok teras kantor LBH Yogyakarta terdapat bekas seperti terbakar api," jelas Yogi.

Saat diketahui, bekas terbakar tersebut sudah menyebar ke beberapa sisi. Mulai dari lantai, tembok, kaca jendela, ventilasi hingga naik ke bagian atap.

Yogi menuturkan, api juga sempat menyambar ke dalam kantor dan mengenai gorden. Pihaknya juga menemukan serpihan kaca seperti pecahan botol.

"Kami memperkirakan Kantor LBH Yogyakarta telah diserang dengan lemparan bom molotov oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," katanya.

 

Terkait


Kantor LBH Yogyakarta Dilempar Bom Molotov

Kantor PAC Dilempar Bom Molotov, PDIP Minta Kader Tenang

Polisi Buru Pelempar Bom Molotov ke PAC PDIP

Polda Jabar: Kantor PAC PDIP Bogor Dilempar Bom Molotov

Pelempar Bom Molotov ke Rumah Anggota Koramil Ditangkap

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark