Kamis 23 Sep 2021 11:01 WIB

Helikopter NASA Bersiap untuk Penerbangan ke-14 di Mars

Penerbangan ke 14 Ingenuity akan lebih menantang karena udara Mars semakin tipis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ingenuity berhasil terbang di Mars dan mengambil foto bayangan permukaan Mars.
Foto: nasa
Ingenuity berhasil terbang di Mars dan mengambil foto bayangan permukaan Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Helikopter Badan Antariksa Amerika (NASA) Ingenuity sedang bersiap-siap untuk penerbangan Planet Mars ke-14. Namun, udara Mars yang menipis membuat penerbangan itu semakin menantang.

Anggota tim misi mengatakan kondisi Mars saat ini sangat menantang untuk penerbangan. Penerbangan ini juga menguji apakah putaran rotor helikopter seberat 1,8 kilogram itu dapat terus terbang dalam kondisi atmosfer musiman yang berubah dengan cepat di Mars.

Baca Juga

Rencana penerbangan menginstruksikan Ingenuity untuk lepas landas, naik hingga lima meter dan membuat manuver menyamping sebelum mendarat. Penerbangan itu seharusnya dilakukan tidak lebih awal dari 17 September, namun semua tergantung pada kesiapan tim misi untuk kesempatan itu. Pembaruan akan dipublikasikan di feed Twitter resmi Perseverance karena lebih banyak perkembangan dapat dilaporkan.

Uji terbang singkat, kapanpun itu terjadi, diharapkan mencakup kecepatan rotor sekitar 2.700 putaran per menit (RPM), dengan asumsi bahwa underground test yang direncanakan dengan putaran 2.800 RPM berjalan sesuai rencana. Sebagai perbandingan, pengalaman Mars sebelumnya membuat Ingenuity terbang sekitar 2.537 RPM. Tingkat rotasi yang lebih besar, para insinyur berharap, memungkinkan drone untuk terbang meskipun kepadatan atmosfer menipis.

“Sebenarnya semakin sulit (untuk terbang) setiap hari. Saya berbicara tentang kepadatan atmosfer, yang sudah sangat rendah dan sekarang semakin menurun karena variasi musiman di Mars,” kata kepala pilot Ingenuity Harvard Grip, dari Jet NASA Propulsion Laboratory di California Selatan, dilansir dari Space, Kamis (23/9).

Grip menjelaskan bahwa kampanye penerbangan Ingenuity dirancang untuk berlangsung hanya beberapa bulan setelah misi Perseverance mendarat di dalam Kawah Jezero Mars pada Februari. Kemampuan Ingenuity ternyata jauh melebihi harapan dan masih terbang, menguji bagaimana helikopter bisa bertindak sebagai pengintai untuk penemu atau bahkan mungkin misi manusia.

Namun, Ingenuity tidak dirancang untuk mengubah kondisi musiman. Awalnya, kepadatan atmosfer di Kawah Jezero setara dengan sekitar 1,2 persen hingga 1,5 persen dari Bumi. Tetapi sekarang kepadatannya mendekati satu persen selama jam-jam sore yang lebih disukai untuk penerbangan, ketika arus di darat menyebabkan lebih sedikit ketidakstabilan untuk drone yang terbang rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement