Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Falah habib nurrohman

Kopi : Minuman Sejuta Umat

Kuliner | Friday, 24 Sep 2021, 14:26 WIB
Kopi, minuman yang dapat kita temui dimanapun kita berada. Mudah kita jumpai kopi dari Angkringan jalanan sampai Kafe mewah di mall besar.

Kopi, minuman yang dihasilkan dari proses penggilingan biji Buah Kopi. Kopi pertama kali ditemukan di Afrika oleh seorang penggembala domba. Kopi pertama kali diolah menjadi minuman oleh Bangsa Arab, tepatnya di Yaman. Orang Arab lantas menyebutnya قهوة ( qahwah ). Di Indonesia, kopi pertama kali diperkenalkan oleh Penjelajah Belanda, dan karena itulah istilah Koffie diserap dalam Bahasa Indonesia menjadi kopi.

Kopi begitu populer, menurut beberapa penelitian, kopi mulai dikenal oleh orang barat pada sekitar tahun 1615. Begitu populernya, banyak inovasi untuk menikmati kopi, seperti mencampurkannya dengan susu dan menjadi Cappucino, ada juga yang dicampur krim dan gula, sehingga membuat kopi bisa dinikmati dengan berbagai cara. Penelitian juga dilakukan untuk mencari kopi dengan kualitas terbaik, Orang Eropa juga membawa kopi ke tanah jajahan mereka. Sehingga membuat kopi begitu populer. Saking populernya, hampir semua orang pernah menikmatinya. Di seluruh dunia, dapat dipastikan setiap tempat makan selalu menyajikan kopi sebagai minumannya. Kopi seolah - olah menjadi pemersatu seluruh umat manusia. Yang berkulit hitam, berkulit putih, bermata biru, berambut pirang, semua disatukan dengan segelas kopi yang menyegarkan dan nikmat. Di beberapa suku di dunia, kopi bahkan menjadi salah satu bagian dari kebudayaan mereka, tradisi memproduksi dan menikmati kopi sudah ada sejak ratusan tahun silam, sebagai contoh, kita dapat menemukan tradisi menyeduh kopi yang unik dari Turki. Dimana gelas logam yang digunakan untuk menyeduh kopi ditaruh diatas pasir yang panas. Sehingga kopi ini juga memiliki nilai budaya.

Hal inilah yang mendorong banyak sekali penelitian tentang minuman yang satu ini. Banyak penelitian yang dihasilkan, mulai dari efeknya bagi kesehatan sampai fungsinya di suatu lingkungan masyarakat. Banyak orang yang juga berinovasi dengan kopi, salah satunya adalah kopi bening, yang viral di masyarakat. Membuat kopi makin digemari oleh banyak kalangan.

Kopi merupakan salah satu penyumbang devisa negara. Sebagai salah satu komoditas ekspor Indonesia, kopi sudah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Karena itu, pemerintah perlu mendukung seluruh upaya dalam inovasi maupun produksi dari produk berbahan dasar kopi, baik yang berupa minuman maupun makanan. Sehingga berdampak positif bagi masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image