Sabtu 25 Sep 2021 04:21 WIB

980 Ibu Hamil Cikarang Selatan Jadi Sasaran Vaksinasi Covid

Ibu hamil tidak hanya mendapat vaksin Covid tapi juga paket menjelang persalinan

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah peserta ibu hamil antre sebelum disuntik vaksin Covid-19. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/BAYU PRATAMA S
Sejumlah peserta ibu hamil antre sebelum disuntik vaksin Covid-19. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sebanyak 980 ibu hamil menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kepala Puskesmas Sukadami Cikarang Selatan, Adi Pranaya, mengatakan terdapat paket yang dapat dipilih saat melakukan vaksinasi baik yang dilakukan di Puskesmas maupun di rumah sakit.

"Kami juga melakukan upaya untuk ibu hamil. Tidak hanya vaksin, tapi juga swab tes PCR ketika ibu hamil itu datang, juga dengan paket HIV, infeksi menular seksual, golongan darah, dan juga skrining talasemia," kata Adi, Jumat (24/9).

Baca Juga

Dengan begitu, ibu hamil tidak hanya mendapatkan vaksinasi tetapi lengkap dengan persiapan menjelang persalinan. "Dosis vaksin yang dianjurkan untuk ibu hamil dari jenis vaksin Sinovac dan Moderna," jelas Sekretaris IDI Kabupaten Bekasi ini.

Persyaratan bagi ibu hamil yang akan mengikuti vaksinasi yakni usia kehamilan telah menginjak 13 minggu ke atas sampai dengan usia sebelum persalinan. "Melalui vaksinasi ibu hamil, diharapkan ketika dilahirkan sang anak telah terlindungi dengan antibodi Covid-19," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement