Sabtu 25 Sep 2021 12:41 WIB

Evergrande tidak Bisa Bayar Bunga Jatuh Tempo Awal Pekan Ini

Evergrande berutang 305 miliar dolar AS.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Logo Evergrande Group.
Foto: wikipedia.org
Logo Evergrande Group.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Evergrande memperingatkan bahwa pihaknya menghadapi masa depan yang tidak pasti kecuali mendapat suntikan uang tunai yang cepat. Ini menjadi tanda paling jelas dari krisis likuiditas pengembang properti terbesar di dunia. 

Seperti dilansir dari laman Reuters, Sabtu (25/9) Evergrande berutang 305 miliar dolar AS, kehabisan uang tunai dan investor khawatir keruntuhan dapat menimbulkan risiko sistemik pada sistem keuangan China dan bergema di seluruh dunia.

Perusahaan melewatkan tenggat waktu pembayaran obligasi dolar AS minggu ini dan sikap diamnya tentang masalah ini telah membuat investor global bertanya-tanya apakah mereka harus menelan kerugian besar ketika masa tenggang 30 hari berakhir.

China Evergrande New Energy Vehicle Group mengatakan tanpa investasi strategis atau penjualan aset, kemampuannya untuk membayar staf dan pemasok dan kendaraan produksi massal akan terpukul. Keheningan Evergrande pada pembayaran bunga 83,5 juta dolar AS pada minggu ini kontras dengan perlakuannya terhadap investor domestiknya.

Pada Rabu, bisnis properti utama Evergrande di China mengatakan telah bernegosiasi secara pribadi dengan pemegang obligasi dalam negeri untuk menyelesaikan pembayaran kupon terpisah pada obligasi berdenominasi yuan.

"Ini adalah bagian dari taktik dari setiap proses restrukturisasi yang digerakkan oleh kedaulatan - menjaga orang-orang dalam kegelapan atau menebak-nebak," kata Karl Clowry, seorang mitra di Addleshaw Goddard di London.

"Pandangan dari Beijing adalah pemegang obligasi luar negeri sebagian besar adalah institusi Barat dan karenanya dapat dibenarkan diberi perlakuan berbeda. Saya pikir orang-orang berpikir itu masih pisau yang jatuh,” ucapnya.

Bank sentral China kembali menyuntikkan uang tunai ke dalam sistem perbankan pada hari Jumat, dilihat sebagai sinyal dukungan di pasar. Tetapi pihak berwenang diam tentang kesulitan Evergrande dan media pemerintah China tidak memberikan petunjuk tentang paket penyelamatan.

"Ini adalah periode keheningan yang menakutkan karena tidak ada yang mau mengambil risiko besar pada tahap ini," kata Howe Chung Wan, kepala pendapatan tetap Asia di Principal Global Investors di Singapura.

"Tidak ada preseden untuk ini pada ukuran Evergrande, kita harus melihat dalam sepuluh hari ke depan, sebelum China memasuki hari libur, bagaimana ini akan terjadi,” ucapnya.

Kewajiban kelompok HNA China pucat dibandingkan tetapi kebangkrutannya masih berlangsung, dengan kreditur mencari 187 miliar dolar AS. Sejauh ini, hanya ada sedikit tanda-tanda tekanan di pasar uang dan kredit serta area lain yang akan menandakan bahwa krisis menyebar ke luar China.

Evergrande menunjuk penasehat keuangan dan memperingatkan default pekan lalu dan pasar dunia turun tajam di tengah kekhawatiran penularan, meskipun sejak itu stabil.

Teka-teki bagi para pemimpin China adalah bagaimana menerapkan disiplin keuangan tanpa memicu kerusuhan sosial, karena runtuhnya Evergrande dapat menghancurkan pasar properti yang menyumbang 40 persen dari kekayaan rumah tangga China.

Protes oleh pemasok, pembeli rumah, dan investor yang tidak puas minggu lalu menggambarkan ketidakpuasan yang dapat meningkat jika default memicu krisis di pengembang lain.

Pasar properti China yang terfragmentasi menunjukkan beberapa tanda ketegangan, yang dapat memacu gelombang konsolidasi di antara perusahaan real estat.

Ekonom senior China Capital Economics, Julian Evans-Pritchard, mengatakan krisis Evergrande memiliki dampak yang jauh lebih besar pada permintaan perumahan daripada yang dia perkirakan, dan rumah tangga menjadi jauh lebih berhati-hati, memicu penurunan harga.

“Saya pikir Evergrande akan memiliki masalah nyata. Saya tidak berpikir pembayaran bunga akan dilakukan," kata Marc Lasry, CEO Avenue Capital Group.

Lasry mengatakan dia telah menjual obligasi Evergrande. Kemudian pasar global tampak terguncang oleh pembayaran yang terlewat dan keheningan peraturan. 

Sekitar 20 miliar dolar AS utang Evergrande terutang di luar negeri sementara di dalam negeri ada risiko bagi sektor properti China dan kewajibannya tersebar di seluruh neraca bank dan seterusnya.

Ada beberapa tanda-tanda intervensi resmi. Suntikan tunai 270 miliar yuan (42 miliar dolar AS) Bank Rakyat China adalah jumlah mingguan terbesar sejak Januari dan telah membantu meletakkan dasar di bawah saham.

Hukum Bloomberg juga melaporkan bahwa regulator telah meminta Evergrande untuk menghindari default jangka pendek, mengutip orang yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui masalah tersebut.

The Wall Street Journal mengatakan, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, bahwa pihak berwenang telah meminta pemerintah daerah untuk mempersiapkan kejatuhan Evergrande dan kesusahan sudah terlihat di antara rekan-rekan Evergrande.

Beberapa bank, asuransi dan bank bayangan telah mulai memeriksa eksposur mereka ke sektor bermasalah."Kami khawatir tentang limpahan ke ekonomi riil dan kondisi kredit yang lebih luas. Semakin lama pembuat kebijakan menunggu sebelum bertindak, semakin tinggi risiko hard-landing,” kata analis di Societe Generale.

Analis BoFA Global Research, bagaimanapun, termasuk di antara mereka yang percaya bahwa pejabat China akan mampu menahan dampak Evergrande. “China memiliki kemauan dan alat untuk menahan krisis properti. Membiarkan krisis terus meningkat dapat mengancam tujuan utama stabilitas sosial,” kata mereka dalam sebuah laporan baru-baru ini,” ucapnya.

Saham Evergrande turun sekitar 13 persen, saham unit kendaraan listriknya turun 20 persen ke level terendah empat tahun. Obligasinya turun sedikit dan obligasi luar negeri dengan pembayaran segera jatuh tempo, terakhir duduk sekitar 30 sen dolar dan diperdagangkan tipis.

"Sudah jelas sekarang bahwa Evergrande akan menggunakan masa tenggang 30 hari, untuk melihat apakah ada perkembangan lebih lanjut atau instruksi dari pemerintah," kata Jackson Chan, asisten manajer penelitian pendapatan tetap di portal penelitian Bondsupermart.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement