Sabtu 25 Sep 2021 13:45 WIB

PP Dorong Pengembangan Desa Wisata di Lima Destinasi

PP akan berperan dalam pembangunan balai ekonomi desa (balkondes).

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Desa Wisata (ilustrasi)
Foto: Antara
Desa Wisata (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Konstruksi, PT PP (Persero) Tbk berupaya mendorong pengembangan usaha ekonomi masyarakat desa wisata di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Sekretaris Perusahaan PP Yuyus Juarsa mengatakan lima DPSP yang ditetapkan pemerintah antara lain Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

“Merupakan suatu kebanggaan bagi perseroan dapat berperan serta dalam pembangunan salah satu balai ekonomi desa atau balkondes yang berlokasi di Jawa Tengah ini," ujarnya kepada Republika.co.id, Sabtu (25/9).

Baca Juga

Menurutnya balkondes yang dibangun oleh perusahaan-perusahaan BUMN merupakan homestay yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan dapat berlibur di daerah Borobudur sehingga para wisatawan tidak harus menginap di Yogyakarta.

“Adanya balkondes tersebut diharapkan dapat memajukan pariwisata desa, mengurangi tingkat urbanisasi bagi para muda-mudi, dan meningkatkan potensi desa," ucapnya.

Berangkat dari peran perseroan mendorong wisatawan, PP menerima penghargaan dari Warta Ekonomi dalam ajang Indonesia Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan/TJSL Awards 2021 yang dilakukan secara virtual. Pada ajang penghargaan tersebut, perseroan menyabet penghargaan Best TJSL 2021 with Outstanding Community Facilities and Infrastructure Development Program dengan kategori Infrastructures Services.

"Penghargaan ini diperoleh berkat penyaluran dana TJSL yang cukup signifikan," kata Yuyus.

Selain itu, penghargaan tersebut juga diberikan atas sejumlah program unggulan yang dijalankan oleh perseroan bidang TJSL. Sebagai salah satu BUMN, perseroan berharap dapat terus menjalankan dan meningkatkan program TJSL guna mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement