Sabtu 25 Sep 2021 17:15 WIB

Agrianita’s Craft and Food Festival 2021 Resmi Dibuka

Festival itu digelar hari ini dan besok.  

Red: Irwan Kelana
Rektor IPB University, Prof Arif Satria meresmikan pembukaan   Agrianita's Craft and Food Festival (ACFF) 2021 pada Sabtu (25/9). Festival tersebut akan berlangsung sampai besok, Ahad (26/9).
Foto: Dok IPB University
Rektor IPB University, Prof Arif Satria meresmikan pembukaan Agrianita's Craft and Food Festival (ACFF) 2021 pada Sabtu (25/9). Festival tersebut akan berlangsung sampai besok, Ahad (26/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Akhirnya, gelaran meriah yang ditunggu-tunggu baik oleh warga IPB University maupun masyarakat umum resmi dibuka.  Agrianita’s Craft and Food Festival (ACFF) 2021  yang akan digelar selama dua hari pada Sabtu-Ahad, 25-26 September 2021 resmi dibuka secara meriah pada Sabtu (25/9).

Festival yang dikemas sangat apik ini dihelat atas kerja sama dengan Alumni IPB University Angkatan 32 atau akrab disebut IPB 32 Juara.

Ketua Agrianita IPB University, Retna Widayawati menjelaskan, festival tersebut merupakan inisiatif untuk ikut memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia di tengah pandemi. Melalui pagelaran ini, masyarakat dihimbau untuk membeli produk Indonesia demi mendukung kebangkitan perekonomian Indonesia pasca pandemi. 

Lebih lanjut dikatakannya, festival ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi, bakat dan kemampuan anggota Agrianita dan alumni IPB University dalam bidang craft, food, dan fashion. "Festival ini juga terbuka bagi pelaku usaha dari kalangan masyarakat umum. 

Harapannya, dapat meningkatkan semangat, kreativitas dan kemandirian Agrianita IPB University serta menginspirasi khalayak, " jelasnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa ajang ini juga diharapkan dapat memperluas pemasaran dan peluang bisnis para tenant yang bergabung.

“Kami ingin memberikan inspirasi bagi pengunjung untuk berkarya dan berwirausaha. Dengan digelarnya festival ini, kami berharap dapat memperluas pemasaran dan peluang bisnis dengan mempertemukan pengrajin, pembeli, penyedia teknologi dan investor melalui keikutsertaan dalam pameran,” ujarnya.

Ia berharap festival ini tidak hanya sebagai ajang promosi, tetapi juga dapat memberikan informasi, ilmu dan pengalaman yang diperlukan dalam menunjang keberhasilan usaha.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor, Yane Ardian mengapresiasi kreativitas Agrianita untuk mengadakan event secara online di tengah pandemi. Sebagai badan kuliner, ia juga memonitor kreativitas organisasi yang menaungi dan membina para pelaku usaha. Upaya agrianita dalam mendorong UMKM disambut baik dan diharapkan kerja  sama dengan Dekranasda akan terus berlanjut.  "Harapan saya kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun atau beberapa bulan,” ungkapnya.

Pembukaan ACFF 2021 dilakukan oleh  Rektor IPB University, Prof Arif Satria. Ia mengapresiasi upaya Agrianita IPB University untuk membangun optimisme para anggotanya untuk melangkah maju.

Festival ini merupakan wujud power of will yang dibangun oleh Agrianita IPB University untuk menciptakan kesempatan berkarya. Ia berharap kreativitas Agrianita IPB University dapat menginspirasi masyarakat serta anggota keluarganya sendiri. 

Ia menyebutkan Agrianita IPB University sebagai stabilisator semagat, ide dan kepercayaan diri.  “Karya-karya Agrianita bukanlah karya-karya kecil. Ini karya-karya yg mungkin kelihatan kecil tapi memililki multiplier effect yang begitu besar,” tambahnya.

Apresiasi juga disampaikan Rektor IPB University kepada Alumni IPB University Angkatan 32 atas kolaborasinya dalam acara ini.  Rektor IPB University membuka secara resmi festival ini secara simbolik dengan memainkan angklung. 

Bermacam gelaran menarik digelar secara online melalui aplikasi Zoom dan dapat diakses melalui website Agrianita IPB University. Acara product expose, talkshow menarik, workshop, lomba, dan aneka hiburan telah dipersiapkan untuk memanjakan pengunjung festival selama dua hari pelaksanaan acara .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement