Ahad 26 Sep 2021 17:51 WIB

Digitalisasi Jadikan Pariwisata Indonesia Tumbuh dan Kuat

Indonesia mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar.

Red: Agung Sasongko
Lingga Pranita HS, Mahasiswa Ekonomi
Foto: istimewa
Lingga Pranita HS, Mahasiswa Ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Lingga Pranita HS, Mahasiswa Ekonomi

Indonesia mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar, memiliki kekayaan alam, dan ragam budaya yang melimpah. Tak heran, setiap daerah memiliki objek dan destinasi wisata yang diunggulkan.

Baca Juga

Sebagai mahasiswa saya sangat mendukung Kemenparekraf bekerjasama dengan Kominfo untuk memperkuat dan memperluas jaringan internet hingga ke desa-desa. Sebab masih banyak desa-desa yang memiliki potensi wisata dan local wisdom yang belum terekspos dan dikelola secara profesional yang didukung infrastruktur informasi berbasis digital dan internet.

Saya sebagai mahasiswa ekonomi melihat peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik dan tidak dipandang sebelah mata. Mahasiswa harus menjadi pelopor perubahan dan pengaruh positif untuk menarik perhatian wisatawan yang ramah lingkungan, aman dan nyaman.

Tantangan yang dihadapi oleh pemuda di desa saat ini dalam upaya melakukan inovasi dengan kreatifitas dan ide yang dimiliki untuk menjadikan desa berbasis desa digital yakni ketidaktersediaan koneksi internet yang cepat dan merata.

Melalui Kominfo untuk mempercepat pemasangan BTS-BTS  di seluruh desa di Indonesia, saya sangat tertarik dan terlibat untuk mengembangkan potensi ekonomi di desa. Misalnya, pinggiran Kawasan Danau Tondano memiliki lahan yang sangat luas bahkan terbengkalai hingga saat ini.

Jika dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat berbasis desa wisata akan  berdampak baik pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di  Desa Passo, Kec.Kakas, Kab. Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

Dengan menjadikan resort  "Sabua Talaga Sagaso" berbasis wisata alam berharap peningkatan ekonomi wisata dan ekonomi kreatif akan  berdampak terhadap masyarakat lebih produktif, terbukanya lapanan pekerjaan, dan peluang usaha baru tercipta.

Saya berharap bisa mengubah kreativitas menjadi berkah, membuat peluang usaha bagai masyarakat sekitar, kreativitas dan inovasi generasi muda bisa diberdayakan dan akhir pengangguran bisa ditanggulangi. Peran pemerintah daerah juga sangat menentukan agar memperhatikan, gerak cepat dan memberikan dukungan kepada generasi muda yang memiliki inovasi dan kreativitas.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Presiden Jokowi agar pemanfaatan ekonomi berbasis digital ini bisa merata di seluruh Indonesia. Produk-produk dan kreasi yang dihasilkan oleh pelaku UMKM harus naik kelas melalui digitalisasi. Ekonomi kreatif dan pariwisata Indonesia semakin kuat dan bertumbuh dan terbesar di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement