Senin 27 Sep 2021 13:44 WIB

NIC Wadah Untuk Menampung Inovasi Mahasiswa UNM

Mahasiswa sudah semestinya kreatif dalam memunculkan ide-ide baru.

Red: Irwan Kelana
Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) webinar Sinergi yang mengusung tema Generasi Mandiri, Show Your Innovation for a Better Future, Senin (20/9).
Foto: Dok UNM
Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) webinar Sinergi yang mengusung tema Generasi Mandiri, Show Your Innovation for a Better Future, Senin (20/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) sukses menyelenggarakan event tahunan yakni webinar Sinergi yang diadakan khusus untuk menyambut  mahasiswa baru (maba). Kegiatan ini mengusung tema “Generasi Mandiri, Show Your Innovation for a Better Future”.

Webinar Sinergi  merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Nusa Mandiri (UNM). Kegiatan tersebut berlangsung secara daring, pada Senin (20/9) lalu.

Acara ini menghadirkan narasumber kepala NIC, Ummu Radiyah dan dipandu oleh Fajar Sarasati sebagai moderator. Dalam pemaparan materinya, Ummu menjelaskan secara detail mengenai landasan hukum yang melandasi inovasi di perguruan tinggi.

“Inovasi merupakan kegiatan penelitian, pengembangan, dan perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi,” ujarnya saat memaparkan materi, Senin (20/9).

Ia menyampaikan, pentingnya inovasi dan mengenalkan unit kerja atau lembaga yang mewadahi dosen serta mahasiswa untuk berinovasi dan berkarya, mendampingi  beberapa program kerja juga karya inovasi mahasiswa, serta membina prestasi mahasiswa dan katalog inovasi.

“Mahasiswa merupakan generasi muda yang mengemban tugas sebagai agen perubahan, sudah semestinya kreatif dalam memunculkan ide-ide baru guna memberi solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat,” katanya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sehingga, lanjutnya menjelaskan, NIC hadir sebagai wadah yang membina dan mendampingi mahasiswa untuk terus berinovasi guna menjawab segala tantangan dan meraih masa depan yang baik.

“Semoga webinar Sinergi  persembahan NIC ini dapat memberikan manfaat, inspirasi, motivasi dan semangat bagi generasi muda mandiri untuk berkarya dan berinovasi agar dapat menghasilkan karya inovasi yang bermanfaat untuk masa depan yang lebih baik,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement