Selasa 28 Sep 2021 16:15 WIB

Halima Aden Kembali Semarakkan Dunia Mode

Supermodel berhijab, Halima Aden, sempat berhenti dari pekerjaannya pada 2020.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Model keturunan Somalia-Amerika Halima Aden memutuskan untuk kembali ke dunia mode.
Foto: EPA
Model keturunan Somalia-Amerika Halima Aden memutuskan untuk kembali ke dunia mode.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah memutuskan keluar dari industri mode pada 2020 lalu, supermodel Halima Aden kembali dengan caranya sendiri. Perempuan berusia 23 tahun itu terjun lagi ke dunia mode dengan tetap memegang keyakinannya dalam berbusana.

"Rasanya luar biasa bisa kembali ke dunia fashion. Saya suka fashion. Saya hanya tidak suka fashion mainstream dan cara mereka memperlakukan saya," katanya dikutip ABC, Selasa (28/9).

Baca Juga

Model Somalia-Amerika Serikat itu berpikir bahwa wanita Muslim tetap bisa menjaga jati dirinya. Dia juga sangat bangga dan merasa luar biasa untuk mewakili Muslimah. Saat memutuskan vakum tahun lalu, Aiden melakukannya karena merasa tidak sejalan dengan pengarah gaya.

"Dua tahun terakhir, saya memercayai tim di lokasi syuting untuk memakaikan jilbab saya dan saat itulah saya mengalami masalah," katanya dalam wawancara dengan BBC saat keputusan pensiun.

Masalah itu seperti jeans yang harus Aden kenakan di kepala sebagai pengganti syal biasa. Dari cara penataan gaya, ia merasa sangat jauh dari citranya sendiri.

Jilbab yang harus Aden kenakan untuk pemotretan pun terus menyusut dan semakin kecil. Aden pun dinasihati sang ibu tentang keyakinan, identitas, dan tanggung jawab sebagai panutan bagi Muslimah.

"Tidak mudah menjadi minoritas dan sebagai seorang Muslim kulit hitam, Amerik- Somalia, mantan pengungsi, saya memiliki begitu banyak identitas yang membentuk siapa saya," katanya.

Di tengah "konflik internal" yang sedang berlangsung, Aden mendapati dirinya dalam situasi di mana dia harus mengompromikan keyakinannya atas nama mode. Tetapi ketika adik sepupunya menyatakan minatnya untuk mengejar fashion dan meminta bimbingannya, Aden menyadari bahwa dia tidak bisa berkompromi lagi.

"Saya ingat panik, dan saya seperti, 'Ya Tuhan, tidak, tidak, tidak.' … Saya tidak ingin dia berada di ruang ini karena saya menyadari itu bukan industri yang aman untuk wanita muda berhijab," kata Aden.

Dari situlah Aden memutuskan mundur karena dia tidak ingin menjadi orang munafik. Ketika mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan industri mode, Aden membagikan foto pemotretannya dengan Fenty Beauty milik Rihanna.

"(Rihanna) biarkan aku memakai jilbab yang aku bawa ke lokasi syuting. Halimah yang sebenarnya," tulis Aden saat itu.

Meskipun ibunya adalah bagian dari alasannya berhenti, namun ibu juga yang menjadi alasan Aden sekarang kembali lagi ke dunia mode.

"Dia adalah orang pertama yang menjemputku kembali dan berkata, 'Tidak, kamu tidak akan berhenti, kamu akan membersihkan diri dan kamu akan kembali lebih besar dan lebih baik dari sebelumnya,'" kata Aden.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَوْ تَقُوْلُوْا لَوْ اَنَّآ اُنْزِلَ عَلَيْنَا الْكِتٰبُ لَكُنَّآ اَهْدٰى مِنْهُمْۚ فَقَدْ جَاۤءَكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ ۚفَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَصَدَفَ عَنْهَا ۗسَنَجْزِى الَّذِيْنَ يَصْدِفُوْنَ عَنْ اٰيٰتِنَا سُوْۤءَ الْعَذَابِ بِمَا كَانُوْا يَصْدِفُوْنَ
atau agar kamu (tidak) mengatakan, “Jikalau Kitab itu diturunkan kepada kami, tentulah kami lebih mendapat petunjuk daripada mereka.” Sungguh, telah datang kepadamu penjelasan yang nyata, petunjuk dan rahmat dari Tuhanmu. Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling daripadanya? Kelak, Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan azab yang keras, karena mereka selalu berpaling.

(QS. Al-An'am ayat 157)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement