Selasa 28 Sep 2021 22:21 WIB

Gubernur Kalteng: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit

Sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif dapat menjangkau stimulus ekonomi dari pemerintah

Red: Hiru Muhammad
Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melakukan blusukan ke beberapa wilayah yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Kabupaten Sukamara untuk memastikan pencapaian target vaksinasi disetiap kabupaten, terutama bagi masyarakat di usia muda dan produktif.
Foto: Istimewa
Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melakukan blusukan ke beberapa wilayah yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Kabupaten Sukamara untuk memastikan pencapaian target vaksinasi disetiap kabupaten, terutama bagi masyarakat di usia muda dan produktif.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA--Masih dalam rangka 100 hari menutup tahun 2021, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melakukan blusukan ke beberapa wilayah yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Kabupaten Sukamara untuk memastikan pencapaian target vaksinasi disetiap kabupaten, terutama bagi masyarakat di usia muda dan produktif. Hal ini dilakukan Gubernur agar Pertemuan Tatap Muka (PTM)  di satuan Pendidikan segera dapat di laksanakan di seluruh kabupaten/kota. 

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran juga memastikan pembangunan infrastruktur tetap terus dilakukan sehingga kuantitas dan kualitas infrastruktur khususnya jalan disetiap Kabupaten/Kota dapat terus ditingkatkan, utamanya penyediaan jalan agar aksestabilitas di wilayah Kalimantan Tengah dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Dengan adanya aksestabilitas yang baik di wilayah Kalimantan Tengah, mobilitas masyarakat menjadi tidak terhambat, kegiatan ekonomi dan bisnis juga dapat dilakukan dengan efisien sehingga akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat akibat peningkatan PAD yang signifikan. Menjadi harapan kita bersama, pemerataan pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi dapat bertumbuh pesat. 

Selama pandemi Covid-19 hampir seluruh aspek kehidupan terdampak akibat adanya pandemi yang hingga saat ini belum kunjung usai. Namun dengan semangat Isen Mulang, (pantang mundur)            Gubernur Sugianto Sabran mengajak seluruh elemen masyarakat di Kalimantan tengah untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Kebijakan Presiden Joko Widodo dalam hal Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) harus disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat dan dimaksimalkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Utamanya bagi masyarakat terdampak Covid-19 dalam rangka memulihkan kembali ekonomi nasional dan ekonomi Kalimantan Tengah pada khususnya. 

photo
Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran juga memastikan pembangunan infrastruktur tetap terus dilakukan (Istimewa)

 

Potensi alam di Kalimantan Tengah sangat luar biasa, setiap Bupati dan Walikota diinstruksikan  lebih peka terhadap Potensi Wilayah masing-masing agar dimaksimalkan sehingga dapat berdaya guna bagi masyarakat setempat. "Kalimantan Tengah ini sangat kaya akan sumber daya,  kita mengelola dan menggali potensinya, selanjutnya  memeliharanya untuk kelangsungan dimasa yang akan datang" kata Sugianto ketika melakukan peninjauan di Kabupaten Sukamara (28/9). 

Gubernur juga menginstruksikan, khusus untuk wilayah yang memiliki potensi wisata agar dapat lebih diperhatikan setiap Bupati/ Wali Kota di Provinsi Kalimantan Tengah. "Pandemi Covid-19 jangan dijadikan sebagai alasan kita untuk mau berbuat demi kemajuan Kalimantan Tengah,"katanya. 

Perhatian khusus Gubernur Sugianto Sabran dalam pengembangan sektor wisata di Kalimantan Tengah diharapkan juga dapat berdampak pada sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu penyokong pariwisata. Gubernur juga menghimbau agar sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif dapat menjangkau stimulus ekonomi yang telah disediakan pemerintah, agar percepatan pemulihan ekonomi dapat dilakukan di Kalimantan Tengah. "Para Pelaku UMKM dan Ekraf jangan ragu untuk mengakses perbankan dan fasilitas yang telah disediakan pemerintah, saya minta Himbara dan Bank Kalteng untuk lebih aktif menggali potensi daerah yang bisa dimaksimalkan dengan berkoordinasi dengan Bupati / Wali Kota di Kalimantan Tengah" kata Gubernur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement