Kamis 30 Sep 2021 11:20 WIB

BP Tapera Ingin Penuhi Kebutuhan Milenial akan Hunian

BP Tapera berupaya memudahkan masyarakat agar dapat memiliki rumah. 

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Perumahan (ilustrasi). BP Tapera ingin penuhi kebutuhan milenial.
Foto: foto : dok. Republika
Perumahan (ilustrasi). BP Tapera ingin penuhi kebutuhan milenial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan rumah generasi milenial, Kementerian PUPR berupaya memfasilitasi penyediaan rumah bagi masyarakat baik dari sisi pasokan maupun permintaan.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, dari sisi suplai, Perumnas telah membuat desain rumah tapak yang sesuai dengan selera kaum milenial. Dari sisi permintaan bagaimana para milenial ini dapat difasilitasi untuk menjadi anggota Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). 

Baca Juga

Ketua Komisioner BP Tapera Adi Setianto menambahkan, BP Tapera berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat dapat memiliki rumah. Salah satu kemudahan tersebut, syarat pembiayaan perumahan BP Tapera yang masa kepesertaannya paling singkat selama 12 bulan.

"Kemudahan ini ditawarkan oleh BP Tapera dengan mempertimbangkan para pekerja informal yang sering kali kesulitan mendapatkan pinjaman KPR karena tidak memiliki pendapatan tetap," ucap Adi dalam sebuah diskusi virtual Tren Properti Incaran Milenial, Cara Mudah Punya Rumah', Rabu (29/9).

Adi menjelaskan, besaran tabungan yang harus disetor oleh peserta ke BP Tapera juga tidak terlalu besar. Bagi mereka yang memiliki pendapatan tetap, sebesar 2,5 persen beban pekerja dan 0,5 persen beban pemberi kerja. Sedangkan besaran bagi pekerja mandiri seperti sektor informal sebesar tiga persen. 

"Jika gaji Rp 3 juta, cukup Rp 90 ribu sebulan. Melalui tabungan gotong royong, kita bisa membantu MBR agar memiliki rumah," ucap Adi.

Dari sisi pembiayaan perumahan, Direktur Consumer & Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Hirwandi Gafar mengatakan, BTN berupaya menawarkan berbagai kemudahan bagi milenial untuk memiliki rumah impiannya. Saat ini BTN memiliki layanan digital terintegrasi bagi masyarakat, terutama milenial yang tengah mencari rumah.

"Layanan digital ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat terkait pembelian dan penjualan properti, salah satunya aplikasi Smart Residence,"  ucap Hirwandi.

Ia melanjutkan, BTN juga menyediakan laman BTNProperti.co.id yang bekerja sama dengan developer untuk menyediakan akses perumahan di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, masyarakat juga bisa mencari rumah-rumah aset BTN dengan harga yang terjangkau melalui laman rumahmurahbtn.co.id.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement