Rosemery UNY Juara Kontes Robot Seni Tari

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Tim UNY mempersiapkan Rosemery di atas panggung.
Tim UNY mempersiapkan Rosemery di atas panggung. | Foto: uny

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Robot Rosemery Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi juara satu dan Best Artistic dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah 1. Rosemery juarai kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) 23-25 September 2021 lalu.

KRI Wilayah 1 diikuti 58 perguruan tinggi dengan 140 tim terbagi enam kategori. KRI sendiri merupakan kompetisi rancang bangun dan rekayasa robotika diadakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Selain KRISTI, KRI melombakan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

UNY mengikuti semua kategori. Ada Tim Mobo-Evo (KRSBI), Gareng Punk (KRSI), Al Adiyaat (KRSBI), Maestro-Evo (KRAI), Abhinaya (KRTMI) dan Rosemery (KRSTI). Tim Rosemery ada di divisi KRSTI Wilayah I, sedangkan 5 Tim lain ada di wilayah II.

Rosemery terdiri dari dua buah robot humanoid kembar yang dapat menari sesuai tema Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) tahun ini Tari Gambyong Pareanom. Berasal dari tarian tradisional daerah Jawa Tengah, tepatnya Surakarta.

Tari Gambyong Pareanom dibawakan dengan gerakan elok dan lemah gemulai oleh dua robot kembar. Ketua Tim Rosemery, Alfirdaus Zaharda mengatakan, tim sempat alami hambatan saat riset karena lonjakan covid dan ada anggota tim terjangkit.

"Akhirnya, diputuskan untuk membuat jadwal kehadiran dan menggunakan protokol yang ketat dalam riset," kata Alfirdaus, Kamis (30/9).

Ia berharap, ke depannya dapat diberikan kelancaran dalam tingkat nasional dan dapat meraih hasil yang sama dari regional. Sebab, ia meyakini, tim-tim dari Wilayah I dan II serta dalam kategori lain pasti menyiapkan strategi maksimal.

Selain Alfirdaus, Tim Rosemery diisi Durrotun Berliana, Fatur Sena Alwafi, Julizar Handi Wijaya dan Devi Nur Latifah dari Pendidikan Teknik Mekatronika, serta La Marzan dan Dotu Perangga Sakti dari Pendidikan Teknik Elektronika.

Lalu, Burhan Dwi prodi Pendidikan Teknik Otomotif, Al Fina Khusnaini Pendidikan Teknik Boga, Lu'lu'ul Nabillah Pendidikan Teknik Busana, Leandra Okta Teknik Elektro serta Irwan Ardiansyah dan Safitri Yuliana Utama D4-Teknik Elektronika.

"Berharap agar Rosemery dapat meraih prestasi di tingkat nasional," kata dosen pembimbing tim robot Rosemery, Herlambang Sigit Pramono, menambahkan.

Terkait


Mahasiswa UMP Kembangkan Robot SAR

Kontes Robot Indonesia Berlangsung Daring

UMS Delegasikan 3 Tim Ikuti Lomba Robot KRI 2021

Tim UMS Raih Juara 2 Kontes Mobil Hemat Energi 2020

Mahasiswa Untag Ciptakan Robot Pengangkut Pasien Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark