Kamis 30 Sep 2021 21:09 WIB

Plakat Biru Disematkan ke Rumah Putri Diana di London

Program plakat biru diberikan sejak 150 tahun lalu pada sosok terpilih di London

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Penghormatan warga Inggris terhadap mendiang Putri Diana di luar Istana Kensington, 1 Juli 2021.
Foto: EPA/Andy Rain
Penghormatan warga Inggris terhadap mendiang Putri Diana di luar Istana Kensington, 1 Juli 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- London akhirnya menghormati mendiang Putri Diana pada Rabu (29/9). Kota itu memasang plakat biru di rumah yang dihuninya selama dua tahun sebelum menikah dengan Pangeran Charles.

Bagi Diana, 60 Coleherne Court, sebuah apartemen di dekat King's Road adalah awal dari petualangan baru. Menetap di ibu kota untuk mencapai ulang tahunnya yang ke-18, Diana berbagi apartemen dengan sejumlah teman pada 1979 hingga 1981. Dari sana, dia disebut pertama kali mulai mendekati Charles.

Baca Juga

Salah satu teman sekamarnya saat itu, Virginia Clarke, membantu menyingkap plakat Warisan Inggris selama upacara peresmiannya. "Itu adalah hari-hari bahagia bagi kita semua dan flatnya selalu penuh tawa," katanya.

Menurut buku terlaris Andrew Morton pada 1992 berjudul Diana, In Her Own Words, Diana menggambarkan tahun-tahunnya di properti itu sebagai waktu paling bahagia dalam hidupnya.

Diana, yang meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997, adalah mantan anggota monarki dengan profil tertinggi yang diberikan kehormatan tersebut. Dia dinominasikan oleh Majelis London pada 2019 setelah badan tersebut menjalankan kampanye yang meminta warga London untuk menyarankan perempuan yang layak mendapatkan plakat biru.

"Diana memiliki dan masih memiliki tempat yang sangat istimewa di hati warga London. Kami senang melihat plakat birunya secara resmi ditempatkan sebagai monumen karyanya untuk orang lain," kata Ketua Majelis London Andrew Boff.

Kehormatan datang pada tahun ketika Diana seharusnya akan merayakan ulang tahunnya yang ke-60. "Diana adalah salah satu wanita paling terkenal di dunia dan dia menggunakan ketenaran dan pengaruhnya untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu seperti tunawisma dan ranjau darat," kata direktur kuratorial di English Heritage, Anna Eavis.

Menurut Eavis keterlibatan ibu dua anak itu membuatnya sangat tepat menerima plakat biru. "Sangat tepat bahwa plakat biru kami mengingatnya di tempat ini di mana kehidupannya di mata publik pertama kali dimulai,” ujarnya.

Program plakat biru London yang terkenal dimulai lebih dari 150 tahun yang lalu. Plakat memperingati orang-orang yang mencapai sesuatu yang berharga dalam hidup mereka dan yang menjadikan London rumah mereka di beberapa titik. Ada lebih dari 900 plakat resmi di ibu kota Inggris itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement