Tiga Atlet Legendaris Antar Api PON ke Kota Jayapura

Mantan pebulu tangkis Taufik Hidayat (tengah), pesepak bola Boaz Solossa (kiri) dan mantan atlet pencak silat Lilis Karubaba (kanan) membawa api bobor PON Papua saat akan dikirab di kawasan Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Api PON Papua tiba di Kota Jayapura dan dikirab di pusat kota dan akan dilanjutkan menuju Kabupaten Jayapura.
Mantan pebulu tangkis Taufik Hidayat (tengah), pesepak bola Boaz Solossa (kiri) dan mantan atlet pencak silat Lilis Karubaba (kanan) membawa api bobor PON Papua saat akan dikirab di kawasan Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Api PON Papua tiba di Kota Jayapura dan dikirab di pusat kota dan akan dilanjutkan menuju Kabupaten Jayapura.
Foto: Antara/Indrayadi TH

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pasukan kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang terdiri dari tiga atlet nasional legendaris, Taufik Hidayat, Lilis Karubaba, dan Boaz Salosa, serta pasukan inti yang terdiri dari pasukan-pasukan terbaik TNI tiba di halaman kantor Walikota Jayapura, Jumat (1/10). Pasukan kirab api disambut oleh tarian tradisional.

Kemudian, upacara penerimaan dan pelepasan kirab api PON XX Papua dimulai dengan dipimpin oleh Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano, yang menerima api PON Papua dari peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat.

"Ini adalah sejarah bagi Papua, khususnya Kota Jayapura, sebagai kluster terbesar di PON XX Papua tahun 2021, yang terdiri dari 16 cabang olahraga, 16 venue dan 22 disiplin," ujar Benhur dalam upacara penerimaan dan pelepasan kirab api PON XX Papua.

Saat ini, menurut Benhur, telah berkumpul atlet-atlet terbaik dari seluruh provinsi, dari seluruh pelosok Tanah Air. Setiap atlet siap berkompetisi dan menjadi juara PON XX Papua.

Lebih lanjut, Benhur mengatakan bahwa PON adalah momentum untuk menyalakan gerakan nasional kompetisi olahraga, yang harus dimulai dari kampung hingga seluruh provinsi.

"Kami semuanya harus bergerak sehingga banyak bibit bibit olahragawan nasional akan kami dapatkan. Akan lahir budaya kompetisi yang sehat di masyarakat, akan tumbuh semangat juang, akan tumbuh mental-mental kemenangan di segala bidang," kata Benhur.

Baca juga : Ini Pesan Ganip ke Penonton Sepak Bola PON XX

Kirab Api PON XX Tahun 2021 Papua yang dilaksanakan pada 27 September hingga 2 Oktober 2021 diawali dari area PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas), Klamono Papua Barat. Ini merupakan salah satu ladang minyak dan gas, yang memiliki sumur tertua yang ada di Indonesia. Api murni dari alam tersebut telah melakukan perjalanan udara melintasi jarak ribuan kilometer, di mulai dari Biak, Timika, Wamena, Merauke, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura.

"Mulai dari Sorong, tiba di Biak, Timika, Wamena, Merauke, sampai tiba di kota Jayapura, melintasi lima wilayah adat, perjalanan yang cukup panjang. Namun dengan misi yang besar," kata Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua, Yunus Wonda.

Walikota Benhur kemudian menyerahkan api PON XX Papua kepada pesepak bola kelahiran Sorong, Boaz Salosa, untuk melepas pasukan kirab pembawa obor api PON XX melewati berbagai titik-titik strategis yang ikonik dan monumental di Kota Jayapura. Kirab api akan berakhir di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada upacara pembukaan PON XX Papua, Sabtu 2 Oktober 2021.

Komentar

Terkait


Deretan kulit buaya yang telah diwarnai

Kerajinan Kulit Buaya Jadi Pilihan Suvenir PON XX Papua

Petenis Jawa Timur Aldila Sutjiadi mengembalikan bola ke arah lawannya petenis Papua Novela Rezha dalam partai semi final tenis beregu putri PON Papua di Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). Jawa Timur berhasil melaju ke final setelah menang dengan skor 2-1.

Dua Petenis Tunggal Putra Papua Lolos 16 Besar

Sepak bola, salah satu cabor yang sudah dipertandingkan sebelum upacara pembukaan PON Papua XX.

Dukungan Sponsor Diharapkan Buat PON Papua Berjalan Sukses

Menko Polhukam Mahfud (tengah) didampingi Mendagri Tito Karnavian (kedua kiri) meninjau Venue Kriket di Kampung Doyo Lama, Kabupaten, Sentani, Jayapura, Papua, Sabtu (11/9/2021). Kunjungan Menko Polhukam untuk meninjau kesiapan venue jelang PON Papua.

Mahfud Pastikan Keamanan Jelang Pembukaan PON XX Papua

Atlet Wushu Jatim Alisya Mellynar mengikuti latihan di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/9/2021). Wushu merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Jatim dan Alisya menjadi salah satu atlet Wushu unggulan yang diharapkan mampu meraih medali emas pada PON Papua.

Alisya Mellynar, Sepotong Donat dan Kejutan Emas PON

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image