Jumat 01 Oct 2021 16:32 WIB

253 Purna Paskibraka Babel Ditetapkan Sebagai Duta Pancasila

Duta Pancasila merupakan tugas yang mulia bagi para purna Paskibraka

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ratusan purna pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditetapkan sebagai Duta Pancasila tahun 2021. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila melalui program Paskibraka.
Foto: BPIP
Ratusan purna pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditetapkan sebagai Duta Pancasila tahun 2021. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila melalui program Paskibraka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan purna pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditetapkan sebagai Duta Pancasila tahun 2021. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila melalui program Paskibraka. 

"Purna Paskibraka Duta Pancasila diharapkan dapat menjadi teladan dan memberikan pengaruh positif di tengah masyarakat dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila serta tangguh dalam mempertahankan ideologi Pancasila," kata Yudian dalam acara Penetapan Purna Paskibraka Duta Pancasila Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021 secara virtual, Jumat (1/10).

"Sehingga tugas penting seorang Purna Paskibraka Duta Pancasila adalah menjadi teladan dalam pengarus keutamaan nilai-nilai Pancasila di masyarakat," tambahnya.

Yudian menyampaikan, menjadi Duta Pancasila merupakan tugas yang mulia bagi para purna Paskibraka. Menurut dia, untuk menjalankan tugas itu dapat dilaksanakan dengan hal-hal sederhana, mulai dari diri sendiri, seperti menghidupkan ruang digital dengan konten-konten positif yang berisi ajakan kebaikan, penghargaan terhadap keberagaman, memiliki kesadaran membela bangsa dan negara dari berbagai macam ancaman, serta memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

"Selamat bertugas kepada adik-adik sebagai Duta Pancasila. Teguhkan Sang Saka Merah Putih yang berkibar di seluruh Indonesia. Tetap semangat, tetap optimis, dan selalu jalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Mujono menyampaikan, para Paskibraka itu adalah kader-kader yang telah melewati proses seleksi secara bertahap. Sehingga kualitasnya pun tidak perlu diragukan. 

"Paskibraka juga merupakan wadah pemerintah untuk menciptakan generasi muda yang mengamalkan dan menegakkan nilai-nilai Pancasila dalam wadah NKRI," tutur dia.

Ia mengatakan, pemilihan para purna Paskibraka menjadi Duta Pancasila juga didasari pada pentingnya membuktikan Pancasila dengan cara-cara baru dan pendekatan yang lebih kekinian. Sehingga nilai-nilai Pancasila bisa tertanam di generasi muda. 

"Tugas sebagai Duta Pancasila bukanlah tugas yang ringan, yaitu memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan anak-anak muda dan yang paling penting juga menjaga Pancasila tetap kokoh sebagai pemersatu bangsa," jelasnya.

"Pancasila harus menjadi ideologi yang bekerja. Sehingga harus kita bumikan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya slogan atau hanya hafalan saja," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus menjadi panduan serta insipirasi bagi seluruh anak bangsa untuk berkarya. Adapun, kata dia, pembinaan ideologi Pancasila untuk Paskibraka dilaksanakan mulai dari tahapan seleksi dan rekruitmen ke-Pancasila-an. 

Setelah itu, purna Paskibraka Duta Pancasila akan mendapat pembinaan lanjutan dari BPIP dalam organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia yang dibentuk dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota.

Dia berharap, dengan dilantiknya para Purna Paskibraka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sebagai Duta Pancasila nantinya bisa menjadi motivator bagi anak-anak muda lainnya. Termasuk dalam berbagi pengalaman, mendorong prestasi, membentuk kesadaran akan nilai-nilai persatuan dan tergerak untuk merajut simpul-simpul persatuan, menjadi pelopor perubahan dan kemajuan yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan negara.

"Saya yakin dan percaya dengan dilantiknya Purna Paskibraka sebagai Duta Pancasila dapat memberikan sumbangsih bagi keutuhan dan kemajuan bangsa, khusunsnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Selain itu, dia menambahkan, pemerintah secara konsisten terus berupaya memperkuat nilai-nilai Pancasila agar Pancasila tetap kokoh sebagai pemersatu bangsa dan menjaga keutuhan NKRI. Ia menyebut, Paskibraka yang bertugas sebelum tahun 2021 juga secara bertahap akan mengikuti pembinaan ideologi Pancasila, dan yang telah memenuhi persyaratan akan ditetapkan menjadi Purna Paskibraka Duta Pancasila. 

Untuk diketahui, total purna Paskibraka yang ditetapkan sebagai Duta Pancasila Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2021sebanyak 253 orang. Mereka terdiri dari tingkat kota dan kabupaten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement