Sabtu 02 Oct 2021 01:04 WIB

BNPB Asistensi Panitia Besar PON dalam Penguatan Prokes

Vaksinasi dan protokol kesehatan menjadi garda terdepan untuk keberhasilan PON

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Gita Amanda
Mendukung gagasan PON XX tanpa adanya lonjakan kasus Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) PON XX melakukan asistensi kepada Panitia Besar PON XX terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan ini berlangsung.
Foto: BNPB
Mendukung gagasan PON XX tanpa adanya lonjakan kasus Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) PON XX melakukan asistensi kepada Panitia Besar PON XX terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan ini berlangsung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) PON XX melakukan asistensi kepada Panitia Besar PON XX terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan berlangsung. Mulai dari alur masuk penonton dan atlet, vaksinasi, screening, penggunaan masker yang benar dan edukasi protokol kesehatan lain.

"Kita akan pastikan penyelenggaraan PON XX ini benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan aman dari potensi lonjakan kasus Covid-19," jelas Ketua Satgas Prokes PON XX, Prasinta Dewi, dalam siaran pers, Jumat (1/10).

Baca Juga

Deputi Bidang Pencegahan BNPB itu menyatakan, khusus untuk pembukaan PON XX Sabtu (2/10), Satgas Prokes PON XX akan menurunkan gerai dan mobil masker bersamaan juga beberapa relawan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua. "Untuk pembukaan besok kita akan menyiapkan dua gerai masker dan dua mobil masker di Stadion Lukas Enembe," kata Prasinta.

Di samping itu, total gerai masker yang dibangun di empat wilayah penyelenggaraan PON XX adalah sebanyak 24 gerai dan Mobil Masker sebanyak delapan mobil. Menurut Prasinta, jumlah tersebut terus bertambah seiring adanya partisipasi dari instansi lain. Target masker yang akan dibagikan oleh Satgas Prokes PON XX adalah sebanyak 1 juta masker.

"Kita berharap masyarakat Papua selama PON berlangsung dan sesudahnya tidak ada kenaikan kasus Covid-19 dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan," kata Prasinta.

Sementara itu, pemerintah daerah Kabupaten Jayapura menyatakan telah memastikan kesiapan Stadion Lukas Enembe agar aman dari Covid-19. Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan, ada "5 Sukses" yang diutamakan dalam penyelenggaran PON kali ini yaitu sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, dan yang terpenting sukses bebas Covid-19.

"Proses vaksinasi terus kita galakkan, protokol kesehatan juga selalu kita sosialisasikan," terang Mathius.

Dia mengatakan, vaksinasi dan protokol kesehatan menjadi garda terdepan untuk keberhasilan PON XX bebas Covid-19. "Seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan PON ini harus sudah divaksin dan wajib mematuhi protokol kesehatan," kata dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْنِكُمْ وَلَا تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّۗ اِنَّمَا الْمَسِيْحُ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُوْلُ اللّٰهِ وَكَلِمَتُهٗ ۚ اَلْقٰهَآ اِلٰى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِّنْهُ ۖفَاٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖۗ وَلَا تَقُوْلُوْا ثَلٰثَةٌ ۗاِنْتَهُوْا خَيْرًا لَّكُمْ ۗ اِنَّمَا اللّٰهُ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ ۗ سُبْحٰنَهٗٓ اَنْ يَّكُوْنَ لَهٗ وَلَدٌ ۘ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ وَكَفٰى بِاللّٰهِ وَكِيْلًا ࣖ
Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih Isa putra Maryam itu adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, “(Tuhan itu) tiga,” berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Mahasuci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung.

(QS. An-Nisa' ayat 171)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement